Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Eskalator Peron 11-12 Stasiun Manggarai Sudah Beroperasi Normal

Kemenhub memastikan seluruh eskalator di Stasiun Manggarai, termasuk pada peron 11 dan 12 yang sempat mengalami gangguan, sudah beroperasi normal.
Sejumlah penumpang kereta rel listrik (KRL) berada di Stasiun Manggarai, Jakarta, Senin (20/6/2022). Bisnis/Arief Hermawan P
Sejumlah penumpang kereta rel listrik (KRL) berada di Stasiun Manggarai, Jakarta, Senin (20/6/2022). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan seluruh eskalator di Stasiun Manggarai, termasuk pada peron 11 dan 12 yang sempat mengalami gangguan, sudah dioperasikan optimal melayani penumpang.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Jakarta (BTP Jakarta) Kemenhub Ferdian Suryo Adhi Pramono mengatakan, pengoperasian tersebut sudah dilakukan sebagai hasil tindak lanjut dari uji pemeriksaan terhadap sejumlah eskalator Stasiun Manggarai pada Rabu (13/3/2024).

Dia mengatakan, uji pemeriksaan dilaksanakan untuk mengetahui secara menyeluruh terkait perbaikan yang dibutuhkan agar dapat memastikan eskalator dapat berfungsi secara maksimal. 

“Kami telah menindaklanjuti arahan dari hasil uji pemeriksaan yang dilakukan bekerjasama dengan pihak perusahaan jasa kesehatan dan keselamatan kerja (PJK3) yang terdaftar di Kementerian Tenaga Kerja, dan saat ini eskalator sudah difungsikan kembali,” tutur Ferdian melalui keterangan resminya, Kamis (14/3/2024).

Adapun, bentuk tindak lanjut dari hasil uji pemeriksaan antara lain merupak komponen-komponen penggerak eskalator. Selain terkait perbaikan yang perlu dilakukan, PJK3 juga menyarankan agar operator dapat memperhatikan perawatan secara berkala serta mengatur kapasitas flow penumpang yang menggunakan eskalator dimaksud. 

Pascaperawatan selesai dilakukan, Ferdian berharap masyarakat pengguna jasa layanan kereta api yang beraktivitas di Stasiun Manggarai dapat terlayani dengan baik. 

“Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang sempat dirasakan penumpang akibat adanya kegiatan perawatan ini,” katanya

Sebagai langkah antisipasi ke depan, Ferdian mengatakan, pihaknya juga akan melakukan uji pemeriksaan terhadap seluruh perangkat lift dan eskalator di enam stasiun, yakni Manggarai, Matraman, Jatinegara, Bekasi, Tambun, dan Cikarang yang masih dalam tanggung jawab BTP Jakarta.

Kegiatan tersebut akan dilanjutkan dengan perawatan berupa overhaul atau rekondisi terhadap perangkat lift dan eskalator yang membutuhkan perbaikan. 

“Persetujuan terkait anggaran perawatan tersebut telah disetujui minggu lalu dan akan segera kami tindaklanjuti dengan mekanisme yang berlaku dalam pengadaan barang/jasa pemerintah,” katanya.

Sebelumnya, External Relations & Corporate Image Care PT Kereta Commuter Indonesia atau KAI Commuter Leza Arlan memastikan tidak ada korban dalam insiden eskalator di Stasiun Manggarai yang mendadak berubah arah sehingga membuat kepanikan dan penumpang jatuh.  

Leza menuturkan, kejadian tersebut terjadi pada Rabu (21/2/2024) sekitar pukul 18.06 WIB. Kejadian bermula pada salah satu eskalator di hall lantai 1 yang mengarah ke peron 11-12 Stasiun Manggarai yang secara normal mengarah ke atas menuju peron secara tiba-tiba bergerak berbalik arah ke bawah.  

Insiden tersebut membuat beberapa pengguna yang pada saat itu sedang berada di eskalator menuju ke arah peron terjatuh. Namun, Leza memastikan kejadian tersebut tidak menimbulkan korban. 

"Petugas pengamanan yang berjaga di sekitar eskalator secara sigap membantu pengguna yang terjatuh. KAI Commuter memohon maaf atas kendala layanan pengguna Commuter Line di Stasiun Manggarai," kata Leza.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper