Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bukan Impor, Prabowo Janji Indonesia Bakal Ekspor Pangan dalam 4 Tahun

Capres Nomor Urut 02 Prabowo berjanji Indonesia bakal ekspor pangan ke negara lain dalam 4 tahun. Ini pernyataannya.
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyampaikan paparan saat Mandiri Investment Forum (MIF) 2024 di Jakarta, Selasa (5/3/2024). Bisnis/Arief Hermawan P
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyampaikan paparan saat Mandiri Investment Forum (MIF) 2024 di Jakarta, Selasa (5/3/2024). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 02 Prabowo Subianto berjanji Indonesia akan mampu ekspor bahan pangan dalam waktu 4 tahun untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

Prabowo, yang kini bertugas sebagai Menteri Pertahanan, menjelaskan Indonesia akan mengupayakan perekonomian hijau supaya memiliki bahan bakar dari nabati, minyak sawit, etanol dari gula dan tapioka.

“Kami akan berusaha untuk memiliki ekonomi hijau. Kita dapat memiliki bahan bakar nabati. Kita bisa mendapatkan solar dari kelapa sawit. Kita bisa mendapatkan bensin dari etanol. Kita akan memiliki etanol dari gula dan juga dari tapioka,” ujar Prabowo Subianto saat berlangsungnya Mandiri Investment Forum 2024 di Jakarta, Selasa (5/3/2024).

Prabowo menegaskan pemerintah Indonesia tetap optimis menjadi negara mandiri yang tumbuh cepat soal pangan, walaupun terdapat sejumlah tantangan yang sedang dihadapi.

“Kami memiliki beberapa tantangan tetapi kami optimis bahwa kami akan menjadi mandiri dengan sangat cepat dalam hal pangan,” ujar Prabowo.

Dia menyampaikan Indonesia akan mandiri dalam waktu tiga tahun. Lalu, dalam empat tahun, Indonesi akan mampu mengekspor pangan ke berbagai negara.

“Saya pikir kami akan mengekspor pangan dalam waktu 4 tahun,” tegasnya. 

Dia menyampaikan Indonesia harus belajar dari sejumlah negara dalam mengatasi persoalan tersebut, seperti China yang mampu memberantas kemiskinan dan India yang menjadi salah satu negara pengekspor pangan terbesar di dunia.

“Kita harus belajar dari praktik-praktik terbaik dari banyak negara, seperti China yang sangat baik dalam memberantas kemiskinan. India yang dulu kita lihat di media, dengan kelaparan dan sebagainya. Sekarang India adalah salah satu pengekspor makanan terbesar di dunia. Kita harus belajar dari praktik-praktik terbaik India dari Cina,” ujar Prabowo.

Prabowo yakin pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat meningkat sebesar 8% atau lebih dalam 4 atau 5 tahun ke depan.

“Saya yakin, secara pribadi saya yakin bahwa kita dapat meningkatkan pertumbuhan kita. Perkiraan saya sendiri adalah dalam empat atau lima tahun ke depan, kita dapat mencapai pertumbuhan 8%, bahkan lebih,” ujar Prabowo.

Prabowo Subianto berencana ingin mengatasi kemiskinan, menciptakan lapangan kerja, dan menghilangkan kelaparan yang dialami masyarakat Indonesia.

“Kita ingin, kita ingin mengatasi kemiskinan. Kami ingin menciptakan lapangan kerja. Kita ingin menghilangkan kelaparan dan jalan ke depan sangat jelas,” ujar Prabowo.

Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) itu sangat optimis dengan rencananya tersebut, memberikan dorongan terhadap keputusan yang rasional sekaligus tidak bertentangan dengan perekonomian Indonesia, caranya mencari orang-orang yang terbaik di Indonesia. (Ahmadi Yahya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper