Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Diskusi Moratorium Bea E-Commerce Alot, Konferensi WTO Diperpanjang Sehari

Konferensi 13th Ministerial Conference WTO, yang digelar 26—29 Februari 2024, diperpanjang hingga Jumat (1/3/2024).
Direktur Jenderal Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) Ngozi Okonjo-Iweala berbicara dalam upacara pembukaan pertemuan tingkat menteri WTO di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, 26 Februari 2024./Reuters
Direktur Jenderal Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) Ngozi Okonjo-Iweala berbicara dalam upacara pembukaan pertemuan tingkat menteri WTO di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, 26 Februari 2024./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Pertemuan tingkat menteri Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) di Abu Dhabi diperpanjang satu hari karena tidak adanya terobosan dalam negosiasi untuk menetapkan aturan perdagangan global yang baru.

Konferensi 13th Ministerial Conference, yang digelar 26—29 Februari 2024, mencari kesepakatan untuk mengakhiri subsidi perikanan dan memperpanjang moratorium pajak e-commerce.

Melansir Reuters pada Jumat (1/3/2024), Juru bicara WTO Ismaila Dieng mengatakan bahwa para menteri bekerja keras dan membuat kemajuan nyata. Namun, negosiasi berlangsung alot hingga Kamis tengah malam (29/2/2024).

"Negosiasi-negosiasi ini sulit karena adanya keterkaitan antara area-area yang sedang dinegosiasikan," ujarnya, seperti dikutip Reuters.

Dieng menambahkan bahwa para menteri akan berkumpul kembali pada hari Jumat (1/3) pagi untuk meninjau kembali revisi-revisi draf kesepakatan terbaru.

Jadwal pengumuman kesepakatan akhir setelah perundingan dengan 164 anggota WTO diundur hingga Jumat pukul 14.00 waktu Abu Dhabi (17.00 WIB). Penundaan ini merupakan lanjutan terjadi setelah penundaan selama empat jam sebelumnya.

Beberapa peserta meragukan kesepakatan akan tercapai pada saat itu. Mereka mengatakan masih ada perbedaan serius dalam berbagai masalah untuk mengatasi perdagangan global, meskipun yang lain mengatakan bahwa suasana hati telah sedikit membaik pada siang hari.

Perwakilan Dagang AS Katherine Tai mengatakan bahwa terobosan masih mungkin terjadi, tetapi pertukaran yang rumit akan diperlukan bahkan untuk topik-topik yang tidak terlalu sulit seperti membatasi subsidi perikanan.

Jika beberapa atau semua pembicaraan yang bertujuan untuk memperbaiki peraturan perdagangan global gagal, fragmentasi di antara blok negara-negara berkembang BRICS akan memberikan kontribusi.

Menteri Perdagangan Selandia Baru Todd McClay mengatakan bahwa ini adalah pertanda baik bahwa para delegasi masih berusaha untuk menyelesaikan berbagai masalah.

"Ada keinginan untuk mencapai sebuah hasil, namun ada delegasi dari kedua belah pihak yang mengatakan: satu-satunya cara agar kita bisa mendapatkan hasil adalah jika kekhawatiran kita diatasi," katanya.

Namun, McClay, yang menjadi fasilitator dalam pembicaraan untuk memperpanjang moratorium pajak digital selama 25 tahun, mengatakan bahwa belum ada pergerakan untuk mengatasi kebuntuan.

Perdagangan Digital

Menteri perdagangan India Shri Piyush Goyal mengatakan bahwa sangat disayangkan beberapa negara memblokir kesepakatan, tetapi ia tidak memberikan tanda-tanda bahwa New Delhi akan membatalkan penolakannya untuk memperpanjang moratorium bea masuk transaksi digital.

"Tentu saja kami merasa sedih karena beberapa negara masih menghalangi hasil yang signifikan yang dapat membantu negara kurang berkembang dan negara berkembang untuk mendapatkan kepercayaan diri dalam kerja WTO," kata Goyal kepada para wartawan.

Namun, ia tetap menyuarakan optimisme bahwa keepakatan dapat dicapai dalam perundingan.

Tai mengatakan bahwa kebuntuan dalam memperpanjang moratorium perdagangan digital dapat "dibuka ... jika pertanian dibuka," namun ia juga mengatakan bahwa perundingan tersebut "sulit."

Perikanan

Negara-negara kepulauan Pasifik, termasuk Papua Nugini dan Kepulauan Solomon, juga menentang rancangan kesepakatan perubahan subsidi perikanan.

Wakil Perdana Menteri Fiji mengatakan kepada Reuters bahwa rancangan kesepakatan itu tidak melangkah cukup jauh.

"Kami ingin negara-negara pemberi subsidi besar membatasi tingkat subsidi saat ini," ujar Manoa Seru Kamikamica.

Seorang delegasi perdagangan dari negara maju menepis prospek ini. Sebuah pertemuan penting antara negara-negara Kepulauan Pasifik dan negara-negara pemberi subsidi besar seperti Uni Eropa, China dan Jepang direncanakan pada dini hari Jumat pagi.

Goyal tidak menyebutkan nama negara-negara yang menurutnya menghalangi hasil dari pembicaraan tersebut. Namun ia mengatakan bahwa prioritas utamanya adalah memperbaiki sistem perselisihan WTO.

"Prioritas pertama dan tertinggi adalah untuk mendapatkan Badan Banding dari mekanisme penyelesaian sengketa karena tanpa itu semua keputusan yang kita ambil tidak dapat diadili," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper