Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Groundbreaking di IKN Hari Ini, Ada Proyek Perbankan Hingga Telekomunikasi

Jokowi bakal menghadiri groundbreaking tahap 5 di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada hari ini, Kamis 29 Februari 2024.
Presiden Joko Widodo saat meninjau proyek jalan tol IKN (1/11/2023) - Foto: BPMI Setpres.
Presiden Joko Widodo saat meninjau proyek jalan tol IKN (1/11/2023) - Foto: BPMI Setpres.

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal menghadiri groundbreaking tahap 5 di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada hari ini, Kamis 29 Februari 2024.

Pada groundbreaking tahap 5 ini akan dilaksanakan groundbreaking sejumlah proyek perbankan hingga telekomunikasi. Rencananya, rangkaian groundbreaking kali ini akan dilaksanakan pada 29 Februari - 1 Maret 2024.

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN, Agung Wicaksono, menjelaskan groundbreaking IKN tahap 5 memiliki tema besar yakni pengembangan pembangunan pada sektor keuangan.

"Groundbreaking tahap 5 berkaitan dengan pusat layanan perbankan KIPP IKN, akan hadir 4 bank yang membangun di sana yaitu Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI dan tentu Bank Kaltimtara sebagai tuan rumah Ibu Kota Nusantara," kata Agung dalam Media Briefing, Selasa (27/2/204).

Bersamaan dengan masuknya sejumlah industri keuangan ke IKN, lembaga regulator yakni Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga masuk ke dalam proyek yang akan groundbreaking bulan ini.

Adapun, saat ini rencana investasi ekspansi bisnis 4 bank dan pembangunan kantor OJK di IKN tersebut telah memasuki tahap penandatanganan surat perjanjian kerja sama (PKS).

Tak hanya itu, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) juga akan segera melakukan groundbreaking proyeknya di IKN pada bulan ini. 

Agung menjelaskan, keikutsertaan TLKM pada groundbreaking tahap 5 berkaitan dengan pembangunan smart office dan layanan komunikasi IKN.

Kemudian, terdapat pula proyek investasi yang bakal diguyurkan oleh lembaga penyiaran publik yakni TVRI. Serta, rencana groundbreaking BPJS Kesehatan di IKN.

Belum diketahui berapa investasi yang akan disuntik oleh sejumlah perusahaan tersebut. Agung menuturkan kepastian terkait total nilai investasi akan disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memimpin proses groundbreaking IKN.

"Sekarang sedang dihitung [nilai investasinya] tapi kita semakin dekat ke Rp50 triliun," pungkasnya.

Berikut daftar proyek yang bakal groundbreaking di IKN pada 29 Februari - 1 Maret 2024:

1. Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

2. Bank Mandiri

3. Bank Rakyat Indonesia

4. Bank Negara Indonesia

5. Bank Kaltimtara

6. Smart Office oleh Telkom Indonesia

7. Mini Studio Nusantara TVRI

8. Kantor Pelayanan BPJS Kesehatan

9. Command Center oleh OIKN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper