Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kuota Impor Beras Nambah 1,6 Juta Ton, Neraca Komoditas Dirombak

Pemerintah akan merombak neraca komoditas usai resmi tambah kuota impor beras hingga 1,6 juta ton.
Buruh memindahkan karung beras di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta. Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Buruh memindahkan karung beras di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta. Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah bakal merombak neraca komoditas usai resmi menambah kuota impor beras sebanyak 1,6 juta ton pada tahun ini.

Direktur Impor Kementerian Perdagangan, Arif Sulistiyo mengatakan adanya tambahan kuota tersebut membuat total impor beras pada 2024 mencapai 3,6 juta ton. Sebelumnya, kuota impor beras ditetapkan sebanyak 2 juta ton.

Penambahan tersebut, lanjutnya, telah disepakati pemerintah dalam Rapat Koordinasi Koordinasi Terbatas (Rakortas) pada 5 Februari 2024. Adapun tambahan 1,6 juta ton beras impor itu, kata Arif, bakal digunakan untuk keperluan khusus.

"Adanya tambahan impor beras 1,6 juta ton itu membuat pemerintah harus mengubah neraca komoditas pada 2024," katanya dalam rapat koordinasi pengendalian inflasi dikutip dari YouTube Kemendagri, Senin (26/2/2024).

Dia menambahkan Kemendag belum menerbitkan izin impor untuk kuota tambahan 1,6 juta ton tersebut. Sebab, untuk dapat diajukan permohonan persetujuan impor, perlu ada perubahan neraca komoditas.

Data Kemendag mencatat, dari kuota awal impor beras sebanyak 2 juta ton di 2024, telah direalisasikan sebanyak 326.626 ton.

Di sisi lain, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sejumlah komoditas pangan yang terus mengalami kenaikan harga berisiko menyumbang inflasi bulanan pada Februari 2024.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Pudji Ismartini menyebut, hampir semua komoditas pangan utama mengalami kenaikan harga secara kumulatif hingga pekan keempat Februari 2024. Di antaranya seperti beras, cabai merah, telur ayam dan daging ayam ras.

Pudji menyebut, harga beras masih terus mengalami tren kenaikan sampai dengan minggu keempat Februari 2024. Rata-rata harga beras di pekan keempat Februari 2024 mencapai Rp15.387 per kilogram atau mengalami kenaikan 5,44% dibandingkan harga di Januari 2024.

"Kalau kita lihat, beras ini jumlah wilayah yang mengalami kenaikan harga beras mencapai 268 kabupaten/kota, sebelumnya 179 kabupaten/kota," katanya dalam rapat koordinasi pengendalian inflasi, dikutip dari YouTube Kemendagri, Senin (26/2/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Rachmawati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper