Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

110 Acara Masuk Kalender Wisata Karisma Event Nusantara (KEN) 2024, Menteri Sandiaga: Magnet Pengunjung

Kalender wisata 2024 dilaksanakan di seluruh daerah, dengan jadwal pelaksanaan yang tidak terpusat pada akhir tahun,
Menparekraf Sandiaga Uno saat wawancara dengan media di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Selasa (23/1/2024).
Menparekraf Sandiaga Uno saat wawancara dengan media di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Selasa (23/1/2024).

Bisnis.com, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, menyatakan bahwa event-event daerah yang termasuk dalam program kalender wisata Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 akan menjadi magnet bagi wisatawan dari Aceh hingga Papua.

"Dengan meningkatkan promosi melalui media digital, kami akan menjadikan event-event daerah ini sebagai daya tarik bagi wisatawan yang ingin mengunjungi destinasi mulai dari Aceh hingga Papua," kata  Sandiaga seperti dilansir dari Antara, Minggu (28/1/2024).

Sandiaga menyebutkan 110 event masuk dalam program Karisma Event Nusantara (KEN) 2024. Dari 110 event tersebut, tiga di antaranya, seperti Aceh Ramadhan Festival, Aceh Perkusi, dan Sabang Marient Festival, berasal dari Aceh.

Menparekraf menjelaskan bahwa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan intensif dalam mempromosikan event-event KEN 2024 melalui media digital, sehingga KEN dapat lebih dikenal oleh masyarakat secara luas dan memberikan dampak positif pada jumlah kunjungan wisatawan ke Indonesia.

Ia menegaskan bahwa pelaksanaan event-event KEN 2024 akan tersebar di seluruh daerah, dengan jadwal pelaksanaan yang tidak terpusat pada akhir tahun, bahkan beberapa akan segera dilaksanakan.

Sandiaga Uno juga menyampaikan bahwa setiap event daerah akan menampilkan zona kuliner, di mana masing-masing daerah dapat memperkenalkan makanan khasnya kepada wisatawan mancanegara dan nusantara.

Program KEN merupakan salah satu inisiatif strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mendukung dan mengembangkan agenda-agenda di seluruh Indonesia, yang telah sukses dilaksanakan sejak tahun 2021.

Ia menambahkan bahwa peluncuran KEN 2024 ini diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja baru sebanyak 4,4 juta pada tahun tersebut.

Sebelumnya, grup Perkusi Rapai Aceh memulai pembukaan festival Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta dengan penampilan pertama. Penonton terlihat menikmati kolaborasi tabuhan rapai dalam tema "Geumuruh Tanah Rencong" pada pembukaan festival KEN 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper