Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Dia, 5 Sektor dengan Realisasi Investasi Tertinggi pada Kuartal IV/2023

Realisasi investasi pada kuartal akhir 2023 tercatat senilai Rp365,8 triliun. Berikut 5 sektor dengan realisasi investasi tertinggi.
Gedung Kementerian Investasi/BKPM di Jakarta. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Gedung Kementerian Investasi/BKPM di Jakarta. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi investasi sebesar Rp365,8 triliun pada kuartal IV/2023.

Realisasi tersebut meningkat sebesar 16,2% dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya.

Tercatat, sektor dengan realisasi investasi tertinggi pada kuartal IV/2023 yaitu sektor industri logam dasar, barang logam, serta bukan mesin dan peralatannnya, yang tercatat sebesar Rp54,4 triliun.

Sektor kedua dengan realisasi investasi tertinggi yaitu sektor pertambangan, yang mencapai Rp43,2 triliun. Realisasi di sektor ini sejalan dengan meningkatnya investasi di sektor terkait hilirisasi.

Pertama, investasi di industri logam dasar, barang logam, bukan mesin dan peralatannya Rp54,4 triliun, ini biasanya untuk industri, mesin pabrik. Kedua pertambangan Rp43,2 triliun, ini selaras dengan hilirisasi,” kata Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dalam konferensi pers, Rabu (24/1/2024).

Kemudian, sektor dengan realisasi investasi tertinggi ketiga, yaitu sektor transportasi, gudang, dan telekomunikasi sebesar Rp39,8 triliun, lalu keempat industri kimia dan farmasi sebesar Rp28,2 triliun.

Sektor kelima adalah perumahan, kawasan industri, dan perkantoran dengan realisasi investasi sebesar Rp31,5 triliun.

Jika dirincikan, untuk penanaman modal asing (PMA), realisasi tertinggi tercatat pada sektor industri logam dasar barang logam, bukan mesin dan peralatannya yang sebesar US$3,1 miliar, diikuti transportasi gudang, dan telekomunikasi US$1,4 miliar, serta sektor pertambangan senilai US$1,2 miliar.

Untuk penanaman modal dalam negeri (PMDN) tercatat realisasi investasi tertinggi pada sektor pertambangan sebesar US$25,1 triliun, sektor perumahan, kawasan industri, dan perkantoran sebesar Rp22,6 triliun, serta transportasi, gudang, dan telekomunikasi sebesar Rp19,4 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper