Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Proyek Kereta Cepat Mangkrak, Kompleks Rumah Mewah Ini Sepi Bak Kuburan

Kompleks rumah mewah di Inggris berubah menjadi kota hantu usai proyek kereta cepat high speed 2 (HS2) gagal dibangun.
Perumahan di Aylesbury, Inggris, foto file 7 Februari 2017./Reuters
Perumahan di Aylesbury, Inggris, foto file 7 Februari 2017./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Kompleks rumah "sultan" di daerah Staffordshire yang berada di West Midlands, Inggris berubah menjadi kota hantu usai proyek kereta cepat high speed 2 (HS2) gagal dibangun di kawasan tersebut.

Melansir laman BBC News, setidaknya 50 rumah di Madeley dan Whitmore yang telah dibeli pemerintah saat ini terbengkalai usai rencana pembangunan jalur kereta cepat rute Birmingham ke Manchester dibatalkan.

"Tiga bulan setelah pembatalannya, properti bernilai jutaan pound masih menganggur," tulis laporan BBC, dikutip Selasa (23/1/2024).

Saat dikonfirmasi, salah seorang warga yang tinggal di Whitmore yakni Smith mengatakan bahwa 10 dari 13 rumah kini ditempati oleh penghuni liar.

Bahkan, desa yang tadinya asri tersebut seketika berubah menjadi kota hantu sarang para kelompok pengguna psikotropika berkumpul.

"Mereka [aparat kepolisian] telah meningkatkan keamanan, tetapi kondisi properti saat ini makin rentan [perilaku menyimpang]," jelasnya.

Di samping itu, salah seorang warga lainnya yakni Phil Robinson mengatakan, masalah keamanan lingkungan usai proyek HS2 mangkrak mulai disorot pada tahun lalu.

Bahkan, tambah Phil Robinson, terdapat salah satu properti senilai £3 juta atau senilai Rp59,91 miliar yang saat ini tak terurus hingga berubah menjadi perkebunan ganja.

"Properti lain senilai £1,4 juta [Rp27,95 miliar] telah diambil alih oleh penghuni liar, hal yang tidak akan pernah terjadi jika properti ini dibiarkan [dihuni oleh pemilik asli]," ujarnya.

Respons Pemerintah Inggris

Seiring dengan hal tersebut, pengelola proyek HS2 menyebut pihaknya telah mengambil tindakan hukum kepada seluruh penghuni liar tersebut.

Perusahaan yang menangani proyek infrastruktur bernilai miliaran pound sterling itu juga menegaskan bakal membuat kajian untuk kembali menjual properti yang telah dibeli.

“Kami terus mengembangkan program yang jelas untuk menjual lahan yang tidak lagi dibutuhkan untuk Fase 2 HS2,” demikian bunyi pernyataan Departemen Perhubungan.

Sebagai informasi, High Speed 2 (HS2) adalah kereta berkecepatan tinggi yang tengah dibangun oleh pemerintah Inggris. Saat ini pembangunan tahap pertama kereta cepat tersebut tengah berlangsung dan ditargetkan selesai antara tahun 2029 - 2033.

HS2 sendiri mulanya direncanakan bakal dibangun dari ujung selatan London ke Utara di Manchester dengan cabang rute menuju Birmingham dan East Midlands.

Namun, rencana pembangunan tersebut dibatalkan. Sebagai gantinya, pemerintah Inggris bakal membangun sarana transportasi baru di North, Midlands.

"Saya membatalkan sisa proyek HS2. Sebagai gantinya, kami akan menginvestasikan setiap sen pada ratusan proyek transportasi baru di wilayah North, Midlands, dan seluruh negeri," jelas PM Rishi Sunak melalui akun X nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper