Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Debat Cawapres, Anggaran Ketahanan Pangan Tembus Rp114,3 Triliun

Simak anggaran ketahanan pangan di APBN 2023 jelang debat Cawapres kedua malam ini, Minggu (21/1/2024).
Debat Cawapres antara Cak Imin, Gibran, dan Mahfud MD/tangkapan layar Youtube/Novita Sari SImamora
Debat Cawapres antara Cak Imin, Gibran, dan Mahfud MD/tangkapan layar Youtube/Novita Sari SImamora

Bisnis.com, JAKARTA – Debat keempat calon wakil presiden atau Debat Cawapres yang akan berlangsung malam ini, Minggu (21/1/2024), pukul 19.00 WIB. Salah satu materi yang akan dibahas pada malam ini adalah ketahanan pangan

Lantas, berapa anggaran ketahanan pangan yang disiapkan pemerintah di APBN 2024?

Pada dasarnya, pangan menjadi kebutuhan mutlak bagi 278,8 juta jiwa (per 2023). Pemerintah dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2024 mengalokasikan Rp114,3 triliun untuk ketahanan pangan. 

Anggaran ini bahkan masuk dalam belanja prioritas 2024 bersama dengan anggaran pendidikan, perlindungan sosial, kesehatan, hingga hukum dan hankam. 

Setidaknya, dalam lima tahun terakhir anggaran ketahanan pangan terus meningkat dari 2020 yang senilai Rp75 triliun, hingga 2024 yang mencapai Rp114,3 triliun. 

Mengutip dari dokumen Informasi APBN 2024, disebut ketahanan pangan yaitu saat kondisi terpenuhinya pangan bagi negara sampai dengan perseorangan.

Namun, kondisi sektor pangan di Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan dalam hal produksi pangan. Anggaran ketahanan pangan senilai Rp114,3 triliun ini nantinya diarahkan untuk meningkatkan ketersediaan, akses, dan stabilisasi harga pangan.

Utamanya, kebijakan pembangunan bidang ketahanan pangan mengarah pada peningkatan produksi domestik, penguatan kelembagaan petani dengan dukungan pembiayaan dan perlindungan usaha tani. 

Selain itu, anggaran yang meningkat Rp13,4 triliun dari 2023 ini juga difokuskan untuk percepatan pembangunan dan infrastruktur pangan, pengembangan kawasan food estate, serta penguatan cadangan pangan nasional. 

Di sisi lain, APBN 2024 juga mencatat adanya risiko terhambatnya rantai pasok pangan yang dapat memengaruhi ketersediaan dan stabilitas harga pangan. Antara lain karena dinamika geopolitik, disparitas pasokan antarwaktu dan antarwilayah, serta ketidakpastian iklim dan cuaca. 

Jelang Debat Cawapres, Anggaran Ketahanan Pangan Tembus Rp114,3 Triliun

Sumber: dokumen Informasi APBN 2023

 

Visi Misi Capres-Cawapres Tema Pangan

Masing-masing pasangan calon atau paslon tercatat telah memasukkan agenda pangan dalam visi misi. Sebut saja pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (AMIN) yang menempatkan Kemandirian Pangan dengan agenda Misi 1 nomor 1. 

Salah satunya, AMIN bakal melaksanakan “Revolusi Agromaritim” di mana untuk produk tertentu pertanian, petani tidak perlu memikirkan pasar dan harga jual, sehingga petani dapat fokus pada peningkatan produktivitas.

Sementara paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka menempatkan agenda Swasembada Pangan dalam program Asta Cita 2. 

Seperti halnya Prabowo yang dengan tegas akan melanjutkan dari program-program Joko Widodo (Jokowi), dirinya akan melanjutkan dan menyempurnakan program kawasan sentra produksi pangan atau food estatesecara berkelanjutan, terutama untuk komoditas padi, jagung, singkong, kedelai, dan tebu. 

Di sisi lain, paslon nomor urut 03 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menempatkan Kedaulatan Pangan pada poin 3.2. 

Terdapat lima misi untuk mencapai kedaulatan pangan. Mulai dari menjamin ketersediaan pangan dari dalam negeri, aman, berkualitas, murah, dan terdiversifikasi berbasis kearifan lokal hingga meningkatkan kesejahteraan petani. 

Adapun, untuk menonton siaran langsung debat cawapres malam ini dapat link streaming berikut ini: 

YouTube Bisniscom: https://www.youtube.com/watch?v=k5qEdnXZNRg

YouTube KPU: https://www.youtube.com/watch?v=anuQxiXpQ7I 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper