Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Di Hadapan Pengusaha Brunei, Jokowi Pamer Progres IKN Sudah 70%

Jokowi mengajak pengusaha Brunei Darussalam untuk investasi pada pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).
Presiden Joko Widodo saat meninjau proyek jalan tol IKN (1/11/2023) - Foto: BPMI Setpres.
Presiden Joko Widodo saat meninjau proyek jalan tol IKN (1/11/2023) - Foto: BPMI Setpres.

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan perkembangan terkini proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal tersebut disampaikan Jokowi saat menggelar pertemuan dengan pengusaha Brunei Darussalam.

Pada kesempatan itu, Jokowi mengungkap progres pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) tahap 1 telah mencapai 70%.

Dalam kesempatannya bertemu dengan konsorsium investor di Assarra Guest House, Bandar Seri Begawan, pada Sabtu 13 Januari 2024, Jokowi mengungkapkan berbagai potensi investasi dan rencana pemerintah Indonesia dalam membangun IKN.

“Saya ingin bercerita mengenai Ibu Kota Nusantara. Ini adalah agenda strategis Indonesia dan bagian dari misi Indonesia Emas 2045 yang telah disetujui oleh parlemen, dibuat undang-undangnya yang disetujui 93 persen suara,” kata Jokowi dalam keterangan resminya, dikutip Senin (15/1/2024).

Jokowi memastikan, pembangunan IKN tahap 1 dapat dikebut rampung pada pertengahan 2024. Selain itu, dia juga menegaskan bahwa saat ini IKN telah banyak menerima komitmen investasi untuk menunjang pembangunan infrastruktur lainnya.

“Ada 13 yang telah groundbreaking, baik berupa rumah sakit ada 3 rumah sakit, ada 5 hotel, dan ada 2 mal, ada training center untuk sepak bola, juga ada transportasi hijau, dan juga termasuk Nusantara Superblock di kawasan terintegrasi dengan hotel bintang lima, tempat hiburan, dan pusat perbelanjaan,” pungkasnya.

Saat dikonfirmasi, hal senada juga disampaikan oleh Deputi Bidang Sarana dan Prasarana, Otorita IKN (OIKN), Silvia Halim yang mengonfirmasi saat ini pembangunan sejumlah infrastruktur tahap 1 telah mencapai 70%.

"Pada dasarnya seluruh progres pembangunan IKN, KIPP 1A yang memang ditarget untuk siap operasional Agustus 2024 sudah mencapai 70 persen. Ini terdiri dari infrastruktur dasar seperti jalanan, drainase, air minum, kantor-kantor pemerintah, dan juga rusun ASN," jelas Silvia.

Di samping itu, sebanyak 28 gedung dan hunian yang berasal dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) maupun non-APBN juga ditargetkan mulai dapat difungsionalkan pada Juni 2024.

Beberapa contoh di antaranya yakni, Istana Presiden, gedung kantor Kemensetneg, Kemenko Polhukam, Kemenko PMK, Kemenko Marves, Kemenko Ekonomi hingga Bank Indonesia.

Kemudian, sejumlah proyek investasi swasta yang juga dibidik rampung pada Juni 2024 yakni proyek Nusantara Superblok yang terdiri dari mall dan apartemen, Hotel Nusantara, Hotel Pakuwon, BSH Mandiri, hingga Training Center PSSI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper