Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Natal 2023, Bandara AP II Layani 1,99 Juta Penumpang

PT Angkasa Pura II atau AP II mencatat jumlah penumpang selama periode libur Natal 2023 mencapai 1,99 juta orang.
Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta./ Dok. Angkasa Pura II
Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta./ Dok. Angkasa Pura II

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II mencatat pergerakan penumpang selama periode libur Natal 2023 mencapai hampir 2 juta orang.

Plt. Direktur Utama AP II Wendo Asrul Rose menjelaskan, pada 18 - 25 Desember 2023, pergerakan penumpang di 20 bandara yang dikelola AP II mencapai 1,99 juta orang. Jumlah tersebut meningkat sekitar 12% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 1,78 juta orang.

Dia menjelaskan, untuk pergerakan pesawat AP II mencatat sebanyak 14.120 penerbangan atau naik 2% dari periode yang sama tahun lalu sebanyak 13.777 penerbangan.

Sementara itu, tingkat ketepatan waktu penerbangan atau on time performance dari maskapai di bandara-bandara AP II berada di atas 70%. Kemudian, tingkat keterisian penumpang atau load factor untuk setiap penerbangan rata-rata mencapai 81%.

"Operasional dan pelayanan di bandara berjalan dengan baik pada masa sibuk akhir tahun ini. Hal ini berkat kolaborasi yang baik di antara seluruh pihak," kata Wendo dalam keterangan resminya, Selasa (26/12/2023).

Wendo menambahkan, puncak arus keberangkatan pertama pada 22 Desember 2023 juga dapat ditangani dengan baik di seluruh bandara AP II. Dia menjelaskan, pada periode tersebut pergerakan penumpang di 20 bandara AP II mendekati 290.000 orang.

Adapun, dia mengatakan penanganan yang baik juga dilakukan perseroan terhadap kondisi ireguler, seperti Bandara Minangkabau di Padang yang sempat ditutup sebagai dampak dari erupsi Gunung Marapi.

“AP II berterima kasih kepada seluruh stakeholder dan juga masyarakat atas dukungannya sehingga operasional dan layanan di bandara-bandara AP II dapat berjalan dengan baik pada periode angkutan Nataru ini,” ujar Wendo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper