Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Tangerang Merak Dipadati 1,36 Juta Kendaraan Sejak H-7 Natal

Tol Tangerang Merak tercatat dipadati hingga 1,36 juta kendaraan sejak H-7 sampai hari Natal.
Antrian di gerbang Tol Tangerang-Merak/Istimewa
Antrian di gerbang Tol Tangerang-Merak/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Sebanyak 1,36 juta kendaraan telah melintas ruas tol Tangerang Merak selama periode 18-25 Desember 2023.

Astra Tol Tangerang melaporkan rata-rata lalu lintas harian yang melewati ruas tol Tangerang Merak sebanyak 170,093 kendaraan, naik 7,05% dibandingkan lalu lintas harian rata-rata (LHR) normal.

Sementara volume lalu lintas tertinggi terjadi pada 22 Desember 2023 dengan jumlah 186.239 kendaraan melintas. Lalu lintas didominasi dari entrance Gerbang Tol (GT) Cikupa Utama, GT Serang Timur, GT Cilegon Timur, dan entrance GT Merak.

Kepala Departemen Manajemen CSR dan Humas Astra Infra Toll Road Tangerang Merak Uswatun Hasanah mengatakan sejak H-7 sampai hari-H Natal sebanyak 410,732 kendaraan telah memasuki ruas Tol Tangerang – Merak melalui Gerbang Tol Cikupa.

Rata-rata lalu lintas harian mencapai 51,341 kendaraan, naik 9,18% bila dibandingkan lalu lintas harian rata-rata normal. Kemudian sebanyak 123.855 kendaraan masuk melalui GT Serang Timur, 104,970 kendaraan lewat GT Cilegon Timur, dan 88.190 kendaraan melalui GT Merak.

“Peningkatan lalu lintas di gerbang-gerbang tersebut secara prosentase rata-rata diangka kurang lebih 1,2%, dengan peningkatan tertinggi terjadi pada GT Merak sebesar 5% terhadap lalin periode yang sama di tahun 2022,” kata Uswah dalam keterangan tertulis, Selasa (26/12/2023).

Sementara itu, arah lalu lintas yang keluar ruas Tol Tangerang – Merak didominasi oleh kendaraan yang menuju ke arah Serang Timur, Cilegon Timur dan Merak.

Tujuan tersebut diprediksi sebagai gabungan lalu lintas mudik dan wisata ke wilayah Serang, Anyer dan sekitarnya, serta pengguna jalan yang akan menyeberang ke Sumatera via Pelabuhan Bakauheni-Merak.

Di satu sisi, lalu lintas yang menuju pelabuhan Merak dan sekitarnya melalui GT exit Merak mencapai 93.686 kendaraan atau rata-rata 11.711 kendaraan. Jumlah ini sekitar 25,64% lebih tinggi dibandingkan lalu lintas harian normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper