Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Senang Investor Asing dan Lokal Kerja Sama Bangun IKN

Presiden Jokowi menuturkan investor asing dan lokal saling kerja sama bangun IKN Nusantara.
Presiden Joko Widodo saat meninjau proyek jalan tol IKN (1/11/2023) - Foto: BPMI Setpres.
Presiden Joko Widodo saat meninjau proyek jalan tol IKN (1/11/2023) - Foto: BPMI Setpres.

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo menuturkan dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) tidak hanya dilakukan oleh investor lokal, tetapi juga sudah ada investor asing yang mulai berkontribusi.

Orang nomor satu di Indonesia itu mengklaim bahwa investor asing yang turut melirik pembangunan di Penajam Paser Utara itu bekerja sama dengan investor lokal, khususnya dalam penanaman modal terhadap proyek pembangunan di IKN.

Hal ini dia sampaikan dalam sambutannya pada peletakan batu pertama [groundbreaking] Nusantara Superblock di Kawasan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Rabu (20/12/2023).

"Sebetulnya yang investor dalam negeri sudah partner-an sama yang asing. Satu-dua [investor lokal] saya tahu sudah partner-an dengan asing. Sebetulnya juga sama saja," ujarnya dikutip melalui Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (20/12/2023).

Di sisi lain, Presiden Ke-7 RI itu pun menyambut baik kontribusi dari investor Kalimantan Timur yang turut berperan dalam pembangunan Ibu Kota di Kalimantan Timur itu.

Menurutnya, dengan nilai investasi yang tidak sedikit, Jokowi mengatakan pada lahan seluas 7,5 hektare nanti akan dibangun sebuah kawasan terpadu yang dinamakan Nusantara Superblock.

Dia memerinci dengan lahan yang memiliki luas 7,5 hektare itu akan menghadirkan pusat perbelanjaan 40.000 m2, hotel bintang lima dengan kapasitas 215 kamar, hotel bintang empat dengan 200 kamar, apartemen delapan tower dan office building dua tower. Bahkan, dia melanjutkan juga ada sekolah internasional, dan tempat hiburan.

Jokowi meyakini desain bangunan di Nusantara Superblock nanti akan sama menariknya dengan desain bangunan lainnya. Meski begitu, Kepala Negara mengingatkan agar desain dari kawasan terpadu tersebut sesuai dengan konsep dari Nusantara yang mengedepankan kawasan hijau.

“Jadi konsepnya berbeda dengan kota-kota yang ada di seluruh dunia. Nanti bisa disampaikan ke Pak Kepala Otorita desainnya biar nanti dibimbing, dikurasi oleh Pak Ridwan Kamil biar konsepnya semuanya sama kawasan hijau, lingkungan hijau, dan green building,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Presiden berharap Nusantara Superblock akan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi di Provinsi Kalimantan Timur khususnya Kota Balikpapan. Kawasan ini juga diharapkan dapat menumbuhkan kesempatan kerja yang luas bagi masyarakat lokal.

“Superblock nusantara ini betul-betul akan menjadi sebuah daya tarik di IKN dan menjadikan Ibu Kota IKN sebagai ibu kota berkelas dunia dan berbeda dengan ibu kota negara-negara lain,” tandasnya.

Oleh sebab itu, dia melanjutkan lantaran adanya gairah positif dari investor, maka perkembangan pembangunan sejumlah proyek di IKN harus dicek setiap bulan.

“Ini yang saya bilang setelah yang satu masuk, yang lain pasti berbondong-bondong, yang lain berbondong-bondong yang di belakangnya akan berbondong-bondong lagi, dengan ini yang berbeda-beda ada hotel, ada mal, ada sport center, ada rumah sakit," pungkas Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper