Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Japek II Selatan Seksi 3 Ditargetkan Beroperasi Paruh Kedua 2024

Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan Seksi 3 ruas Sukabungah - Sadang ditargetkan mulai beroperasi komersial pada semester II/2024.
Jalan Tol Jakarta - Cikampek (Japek) II Selatan siap dioperasikan fungsional selama libur Nataru 2023/2024 - BISNIS/Alifian Asmaaysi
Jalan Tol Jakarta - Cikampek (Japek) II Selatan siap dioperasikan fungsional selama libur Nataru 2023/2024 - BISNIS/Alifian Asmaaysi

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) menargetkan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan Seksi 3 ruas Sukabungah - Sadang mulai beroperasi komersial (commercial operation date/COD) pada semester II/2024.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya tengah fokus merampungkan konstruksi dan pembebasan lahan pada paket III proyek Jalan Tol Japek II Selatan.

"Jadi nanti ditargetkan yang seksi 3 ini dari Sadang - Sukabungah sekarang masih proses pembebasan lahan sebagian dan konstruksi juga sedang dikejar untuk bisa kita targetkan di semester 2 tahun 2024 bisa dioperasikan," jelasnya saat ditemui di Jalan Tol Japek II Selatan, dikutip Selasa (19/12/2023).

Sementara itu, Direktur Teknik PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) Iman Sulaiman menjelaskan, hingga periode 8 Desember 2023, progres konstruksi paket III proyek Tol Japek II Selatan sudah mencapai 85,97%. Pada saat yang bersamaan, progres pembebasan lahan tercatat sebesar 96,97%.

Jasa Marga memprediksi traffic pada ruas tol Sukabungah - Sadang pada saat pertama dioperasikan nanti akan tembus pada kisaran 6.000 kendaraan per hari. Angka tersebut dinilai masih rendah mengingat Jalan Tol Japek II Selatan belum rampung seutuhnya.

"Kalau untuk traffic perkiraan kami di sekitar 5.000 - 6.000 kendaraan per hari karena status Jalan Tol Jakarta - Cikampek 2 Selatan ini belum beroperasi secara keseluruhan. Jadi, untuk sementara ini paket 3 estimasinya sekitar 5.000 - 6.000 kendaraan per hari, masih cukup rendah," pungkasnya.

Tol Japek 2 Selatan terdiri atas empat paket pengerjaan. Paket 1 ruas Jatiasih - Setu Jorr 2 (7,25 km) saat ini baru memasuki tahap pembebasan lahan sebesar 4,16%.

Sementara itu, paket 2A Seksi Setu Jorr 2 - Sukaragam (10,5 km) proses pembebasan lahannya telah mencapai 71,83% dan progres konstruksinya tercatat baru sebesar 5,65%.

Kemudian, paket 2B Sukaragam - Sukabungah (13km), progres pembebasan lahan telah mencapai 95,3% dan konstruksinya telah mencapai 7,93%.

Adapun, Jalan Tol Japek 2 Selatan memiliki total panjang mencapai 62 km dengan total nilai tarif sebesar Rp14,69 triliun.

Apabila telah beroperasi nantinya, gambaran tarif dari jalan tol ini dilaporkan sebesar Rp1.250 per kilometer. Dengan demikian, perkiraan total tarif untuk menyusuri penuh Tol Japek 2 Selatan apabila telah beroperasi nantinya, yakni mulai dari Rp77.500.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper