Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Acara PA 212 Digelar Hari Ini, Cek Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Monas

Rekayasa lalu lintas akan dilakukan pada beberapa ruas jalan yang berada di sekitar kawasan Monas seiring adanya kegiatan dari PA 212.
Ilustrasi lalu lintas/Bisnis
Ilustrasi lalu lintas/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Polda Metro Jaya akan menerapkan rekayasa lalu lintas (lalin) saat acara Persaudaraan Alumni (PA) 212 yang digelar di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat hari ini Sabtu (2/12/2023).

Dalam unggahan pada akun Instagram resmi Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, @tmcpoldametro yang diakses Sabtu (2/12/2023) pagi, rekayasa lalu lintas akan dilakukan pada beberapa ruas jalan yang berada di sekitar kawasan Monas. 

Masyarakat diminta untuk menghindari beberapa ruas jalan selama acara tersebut berlangsung, diantaranya adalah Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Medan Merdeka Timur, Jalan Medan Merdeka Selatan, dan Jalan Medan Merdeka Utara.

Kemudian, masyarakat juga diimbau untuk menghindari seputaran Jalan Juanda, Jalan Veteran Raya, dan Jalan Abdul Muis.

“Rekayasa lalu lintas di sekitar Monas akan bersifat situasional. Masyarakat diminta untuk mengantisipasi potensi terjadinya kemacetan mulai pukul 04.00 hingga 11.00 WIB,” jelas Ditlantas Polda Metro Jaya, Sabtu (2/12/2023).

Sebelumnya, Polda Metro Jaya menyebut akan mengerahkan 5.734 personel dalam mengawal acara PA 212 pada hari ini. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan bahwa jumlah tersebut merupakan tim gabungan Polisi, TNI dan Pemerintah terkait. 

"Polda Metro Jaya akan melakukan pengamanan, baik dari polda maupun polres sebanyak 5.734 personel. Tentunya kami mengimbau, mengharapkan pada kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar dan tertib membuat kenyamanan," kata Trunoyudo kepada wartawan, Jumat (1/12/2023). 

Kemudian, dia juga menyampaikan bakal menerapkan rekayasa lalu lintas secara situasional, sehingga acara reuni yang dikemas Munajat Kubro bertema "Untuk Keselamatan NKRI dan Kemenangan Palestina" itu tidak mengganggu pengguna jalan yang lainnya.

"Sifatnya situasional untuk rekayasa lalu lintas tentu mengacu kepada kebutuhan. Tentu kita saya imbau untuk menjaga ketertiban dan kemudian ini kan lokasinya di dalam," tambahnya.

Berikut adalah daftar penerapan rekayasa lalu lintas yang disiapkan Ditlantas Polda Metro Jaya:

1. Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk yang akan lurus ke Jalan Majapahit dibelokan kiri ke Jalan Juanda, dan arus lalu lintas dari Jalan Veteran yang akan belok kiri ke Jalan Majapahit diluruskan ke Jalan Suryopranoto maupun dibelokan ke kanan ke Jalan Gajah Mada.  

2. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju ke Jalan Veteran III diluruskan ke traffic light Harmoni.

3. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju ke Jalan Veteran II diluruskan ke traffic light Harmoni. 

4. Arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Timur yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Utara dibelokan ke kanan ke Jalan Perwira.

5. Arus lalu lintas dari Jalan Ridwan Rais yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.

6. Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kiri ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Fachrudin dan arus lalu lintas dari Jalan Fachrudin yang akan belok ke kanan ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Abdul Muis. 

7. Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan ke Jalan Museum ditutup. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper