Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bukan China, KCIC Sebut Bank yang Terima Duit Kereta Cepat

PT KCIC menjelaskan sejumlah bank nasional yang terima duit Kereta Cepat WHOOSH, bukan bank China.
Kereta Cepat Jakarta Bandung di Stasiun Halim./ Dok. KCIC
Kereta Cepat Jakarta Bandung di Stasiun Halim./ Dok. KCIC

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyebut sejumlah bank nasional yang terima aliran transaksi dari Kereta Cepat WHOOSH, dan membantah seluruhnya masuk bank China.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan bahwa transaksi keuangan perusahaan dilakukan di Indonesia serta telah berkolaborasi dengan bank dalam Negeri.

Adapun, WHOOSH merupakan Kereta Cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara hasil kolaborasi antara dua negara yaitu Indonesia dan China. Dalam pelaksanaannya, China Development Bank (CDB) merupakan kreditor yang mendanai proyek transportasi tersebut.

Pada prosesnya untuk memastikan kelancaran transaksi, KCIC dan CDB bekerja sama dengan beberapa bank yang beroperasi penuh di Indonesia di bawah pengawasan Bank Indonesia dan OJK dan memiliki jaringan internasional, salah satunya BNI.

"Bank BNI adalah bank nasional yang menjadi mitra KCIC untuk transaksi perseroan termasuk payroll pegawai, pembiayaan dan pembayaran tagihan kepada pihak ketiga," katanya dalam siaran pers, Sabtu (25/11/2023).

Dia menuturkan transaksional bisnis KCIC sebagian besar tetap dilakukan di dalam negeri, sehingga perputaran dana diharapkan tetap memberikan benefit yang optimal bagi perekonomian nasional.

Selain itu, KCIC juga terus berkolaborasi dengan perbankan nasional (Himbara dan Swasta) dalam hal pemesanan dan pembayaran transaksi ticketing kereta cepat WHOOSH. Terutama dengan Bank Mandiri, BNI, BRI dan BCA.

Adapun kolaborasi yang sudah berjalan di antaranya melalui penyediaan layanan pemesanan tiket di aplikasi Livin by Mandiri, BRImo.

Pembayaran pemesanan tiket WHOOSH dapat dilakukan melalui seluruh bank di Indonesia, dan penggunaan EDC serta QRIS untuk pembayaran tiket di merchant, mesin pembelian tiket , maupun loket stasiun.

KCIC juga bekerjasama dengan Penyedia Layanan Payment Gateway Nasional diantaranya : Doku, Finnet dan Xendit, untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Rachmawati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper