Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aprindo Bicara Stok Bahan Pokok Jelang Nataru, Harga Mulai Naik?

Aprindo menjelaskan kondisi stok dan harga bahan pokok jelang libur nataru.
Ilustrasi ritel
Ilustrasi ritel

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) memastikan kebutuhan pokok maupun sehari-hari telah tersedia jelang Natal dan Tahun Baru. Kenaikan harganya juga tidak signifikan.

Ketua Umum Aprindo Roy N. Mandey menyampaikan, persiapan stok kebutuhan jelang Natal dan Tahun Baru sudah dilakukan dalam satu kuartal terakhir sehingga dia memastikan semua kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi selama periode ini.

“Kita udah siap. Jadi barang-barang itu sudah masuk di gudang dari satu kuartal terakhir ini,” kata Roy, dikutip Kamis (16/11/2023). 

Roy mengimbau masyarakat untuk berbelanja dengan wajar karena semua produk yang ada di ritel modern telah dimaksimalkan agar tersedia jelang dan saat Natal dan Tahun Baru.

“Datanglah ke ritel, belanjalah dengan normal, belanja dengan wajar karena barang semuanya kita maksimalkan, optimalkan, tersedia cukup sepanjang akhir tahun ini atau menjelang Nataru,” ujarnya.

Kemudian dari sisi harga, Roy memastikan kenaikan harga tak signifikan kecuali barang kebutuhan pokok seperti beras, cabai, dan gula. Sebab, kata Roy, kebutuhan pokok tergantung pada produktivitas petani dalam negeri, alias diluar kontrol peritel.

“Jadi hanya yang sifatnya kebutuhan pokok, yang harga eceran tertinggi, atau ada harga acuan dari pemerintah, itu yang tentunya kita tidak bisa stabilkan. Tapi selain itu, pasti stabil,” pungkasnya.

Berdasarkan Panel Harga Badan Pangan Nasional (Bapanas), Kamis (16/11/2023) pukul 13.02 WIB, mayoritas harga pangan tercatat mengalami kenaikan rata-rata secara nasional.

Harga beras premium dan medium mengalami kenaikan masing-masing menjadi Rp15.000 per kilogram dan Rp13.170 per kilogram. Harga bawang merah dan bawang putih bonggol juga naik masing-masing menjadi Rp28.280 per kilogram dan Rp35.810 per kilogram.

Berbagai jenis cabai dilaporkan naik hari ini. Harga cabai merah keriting naik 0,05% menjadi Rp63.220 per kilogram dan cabai rawit merah naik 0,3% menjadi Rp73.550 per kilogram.

Komoditas lain seperti telur ayam ras, gula, dan minyak goreng juga mengalami kenaikan harga. Telur ayam ras naik menjadi Rp28.170 per kilogram, gula konsumsi menjadi Rp16.480 per kilogram, minyak goreng kemasan sederhana Rp17.420 per liter, dan minyak goreng curah naik menjadi Rp14.610 per liter. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper