Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Danone Jadi Sasaran Boikot karena Dituding Pro Israel, Manajemen Buka Suara

Produsen Aqua, PT Danone Indonesia angkat bicara soal adanya seruan boikot produk-produknya karena dituding pro Israel.
Logo Danone/ Bloomberg
Logo Danone/ Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - PT Danone Indonesia, perusahaan yang memproduksi air mineral Aqua, Vit hingga Mizone buka suara terkait adanya seruan boikot produk-produknya karena dituding pro Israel.

Danone menjadi salah satu produk yang menjadi sasaran boikot karena diduga terafiliasi Israel. Sementara, masyarakat muslim di Indonesia kini direkomendasikan untuk menghindari transaksi atau penggunaan produk pro Israel. 

Corporate Communication Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin, mengatakan perusahaan yang telah beroperasi di 120 negara ini tidak terafiliasi dengan kelompok tertentu. 

"Sebagai entitas swasta, Danone tidak memiliki afiliasi dengan politik dimanapun," kata Arif dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Selasa (14/11/2023).

Sebagai perusahaan publik yang hadir di berbagai penjuru dunia, Arif menuturkan bahwa pihaknya telah mempekerjakan karyawan dari berbagai etnis dan budaya. Dengan demikian, Danone tidak berorientasi pada suatu kelompok. 

Terlebih, Danone tidak memiliki pabrik dan tidak beroperasi di Israel. Dia pun menegaskan bahwa Danone hanya akan fokus untuk mewujudkan misi dalam meningkatkan kesehatan melalui makanan dan minuman. 

"Danone merupakan entitas bisnis yang tidak memiliki keterkaitan atau melibatkan diri dalam pandangan politik ataupun hal-hal di luar wilayah bisnis," ujarnya. 

Lebih lanjut, Arif menyampaikan bahwa Danone berkomitmen untuk menjadikan bisnis sebagai kekuatan untuk mengalirkan manfaat kepada masyarakat.

Untuk diketahui, Danone di Indonesia memiliki 25 pabrik dengan 13.000 karyawan dan telah melayani lebih dari 1 juta pedagang di seluruh negeri. 

"Danone terus berkomitmen untuk mengembangkan investasinya di Indonesia demi turut membantu ekonomi, sosial dan kesehatan bangsa Indonesia," tuturnya.

Di sisi lain, dia pun memastikan kehadiran bisnisnya akan membawa dampak baik bagi usaha kecil menengah sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.

Diberitakan sebelumnya, #tolakdanoneaqua sempat menjadi trending topik di media sosial X. Beberapa warganet menuding Danone terafiliasi dengan Israel hingga muncul seruan aksi boikot.

Selain Danone, terdapat sejumlah produk yang juga diboikot karena disebut pro Israel seperti Starbucks, Pizza Hut, McDonald’s, Puma, Delta, Nestle, hingga HP dan beberapa merek lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper