Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Bakal Tuntaskan RPP DHE Akhir November 2023

Saat ini proses evaluasi Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) terkait devisa hasil ekspor (DHE) tengah berjalan dan terus dilakukan penyempurnaan.
Ilustrasi devisa hasil ekspor (DHE) dalam mata uang dolar AS./ Dok Freepik
Ilustrasi devisa hasil ekspor (DHE) dalam mata uang dolar AS./ Dok Freepik

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah melaporkan proses pembentukan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) terkait devisa hasil ekspor (DHE) akan rampung pada akhir November 2023. 

Sekretaris Menteri Koordinator bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso menyampaikan saat ini proses evaluasi tengah berjalan dan terus dilakukan penyempurnaan. 

“Kami tinggal tuangkan di dalam konsep penyempurnaan dari regulasi PP nya, paling tidak akhir November harusnya selesai,” ujarnya kepada awak media, dikutip Sabtu (11/11/2023). 

Susi mengaku pihaknya bersama stakeholders hanya memiliki waktu hingga akhir November, karena Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengamanatkan DHE untuk diimplementasi secara penuh mulai Desember tahun ini. Termasuk penerapan sanksi blokir. 

Dalam perjalanannya sejak Agustus 2023, Susi menyampaikan adanya evaluasi dari sektor pertambangan. 

Susi mencontohkan, kontraktor migas yang melakukan ekspor memiliki kewajiban untuk menyisihkan dari hasil ekspornya ke pemerintah. Untuk itu, sektor tersebut dirasa tak diharuskan untuk memarkir dolarnya di dalam negeri. 

“Arahan Pak Presiden tidak ada pengecualin, semua sektor tetep harus tunduk pada PP. Kalau ada yang khusus [migas], masukkan dalam regulasinya,” tegasnya. 

Sebelumnya, Susi menjelaskan bahwa terdapat beberapa hal yang akan dievaluasi pemerintah terkait kebijakan DHE sumber daya alam (SDA). 

Pertama, perkembangan pemasukan DHE SDA ke dalam rekening khusus (pemasukan DHE/ repatriasi). Kedua, perkembangan penempatan DHE SDA pada instrumen yang telah ditetapkan (penempatan DHE/ Retensi). Ketiga, evaluasi komoditas yang terkena ketentuan DHE SDA. 

Keempat, evaluasi pemanfaatan instrumen DHE SDA. Kelima, evaluasi kesiapan sistem informasi terintegrasi. Terakhir, evaluasi masukan dan feedback dari pelaku usaha dan asosiasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper