Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Groundbreaking Proyek Taipan Tahir & Alexander Tedja di IKN Besok

Jokowi bakal groundbreaking proyek konglomerat Dato Sri Tahir dan Alexander Tedja di IKN besok, Rabu 1 November 2023.
Direktur Investasi dan Kemudahan Berusaha OIKN Indra Yuwana mendampingi Founder Mayapada Group Dato Sri Tahir untuk meninjau lokasi pembangunan Rumah Sakit Mayapada di IKN/OIKN.
Direktur Investasi dan Kemudahan Berusaha OIKN Indra Yuwana mendampingi Founder Mayapada Group Dato Sri Tahir untuk meninjau lokasi pembangunan Rumah Sakit Mayapada di IKN/OIKN.

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal melaksanakan groundbreaking proyek konglomerat Indonesia Dato Sri Tahir dan bos PT Pakuwon Jati Tbk. (PWON), Alexander Tedja di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Rabu (1/11/2023) besok.

Dato Sri Tahir bakal membangun Rumah Sakit (RS) Mayapada di IKN dengan nilai investasi ditaksir mencapai Rp500 miliar. Selain itu, konglomerat Alexander Tedja pemilik Pakuwon Jati (PWON) juga bakal groundbreaking proyek superblok Pakuwon Nusantara.

Badan Otorita IKN, mengatakan selain kedua proyek tersebut, Presiden Jokowi juga akan melaksanakan groundbreaking 8 proyek lainnya di IKN pada 1-3 November 2023. Dengan demikian, ada 10 proyek yang groundbreaking di IKN.

Adapun, agenda ini merupakan groundbreaking tahap dua, di mana tahap pertama telah dilakukan pada September 2023 lalu.

Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono, mengatakan 10 proyek yang akan groundbreaking berasal dari swasta maupun APBN untuk berbagai fasilitas di IKN, seperti rumah sakit, mal yang terintegrasi dengan hotel dan apartemen, kantor pemerintah, pulau suaka orangutan, bandara VVIP, dan sekolah yang terdiri dari sekolah negeri dan internasional.

"Bidang yang bervariasi ini menunjukkan bahwa di IKN sudah ada fasilitas-fasilitas dasar bagi masyarakat yang akan pindah tahun depan," kata Bambang dalam keterangan resminya, dikutip Minggu (29/10/2023).

Estimasi nilai investasi proyek yang akan grounbreaking tahap kedua ini sebesar Rp12,5 triliun. Artinya, sejauh ini sudah ada proyek senilai Rp23 triliun yang groundbreaking di IKN.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur (Diskominfo Kaltim), Muhammad Faisal menyebut, Presiden Jokowi dan rombongan akan tiba di Kalimantan Timur (Kaltim) pada Selasa (31/10/2023) sore ini melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS), Balikpapan.

“Jika sesuai jadwal, Bapak Presiden Jokowi akan melakukan serangkaian giat pembangunan di IKN pada Rabu (1/11/2023) esok pagi,” kata Faisal dikutip dari laman resmi Diskominfo Kaltim, Selasa (31/10/2023).

Dia menuturkan, agenda pertama di IKN adalah groundbreaking Bandara VVIP di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Bandara VVIP IKN nantinya akan digunakan untuk melayani kepentingan kegiatan pemerintahan di IKN.

Bandara VVIP IKN berjarak sekitar 25 kilometer (km) dari Bandara Sepinggan, Balikpapan dan sekitar 107 km dari Bandara Samarinda.

Selanjutnya, Jokowi juga akan melakukan groundbreaking pembangunan RS Mayapada, Gedung Pakuwon Nusantara, Jakarta International School (JIS), RS Hermina, SDN 020 Sepaku, Bank Indonesia (BI), Gedung BPJS dan PLTA.

Selain meresmikan berbagai proyek pembangunan, Presiden Jokowi juga akan meninjau Persemaian Mentawir, Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) dan glamping di IKN.

Berikut daftar 10 proyek IKN yang bakal groundbreaking 1-3 November 2023:

1. RS Mayapada

2. Gedung Pakuwon Nusantara

3. Bandara VVIP IKN

4. Pulau Suaka Orangutan

5. Jakarta International School (JIS)

6. RS Hermina

7. SDN 020 Sepaku

8. Bank Indonesia

9. Gedung BPJS

10. PLTA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper