Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Konser Coldplay Jakarta, Ekonom: Perputaran Uang Bisa Rp130 Miliar

Ekonom dari Celios memprediksi perputaran uang konser Coldplay di Jakarta bisa mencapai Rp130 miliar.
Chris Martin Coldplay/Reuters
Chris Martin Coldplay/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Center of Economic and Law Studies (Celios) memperkirakan perputaran uang dari konser Coldplay di Indonesia mencapai Rp130 miliar. Perputaran uang tersebut didapat dari tiket konser.

Direktur Celios Bhima Yudhistira menuturkan, harga rata-rata tiket konser Coldplay Rp2,6 juta, dengan jumlah penonton mencapai 50.000 orang.

“Satu saja konser taraf internasional, maka perputaran uang hanya dari tiket mencapai Rp130 miliar. Ini kan besar sekali,” kata Bhima, Selasa (24/10/2023).

Menurutnya, jika dalam setahun ada 10 konser internasional setara Coldplay digelar di Indonesia, maka perputaran uang hanya dari tiket konser dapat mencapai Rp1,3 triliun. Angka tersebut, belum termasuk dampak tidak langsung lainnya.

Di sisi lain, adanya konser tersebut juga dinilai dapat menggerakan berbagai sektor ekonomi, mulai dari MICE, jasa event organizer, periklanan, ticketing, transportasi, telekomunikasi, industri makanan minuman, hingga UMKM di sekitar lokasi konser.

Sebagaimana diketahui, Chris Martin cs akan menggelar konser perdananya di Indonesia. Konser tersebut akan diadakan pada 15 November 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Konsernya di Indonesia merupakan bagian dari tur dunia ke-8 Coldplay bertajuk Music of The Spheres World Tour. Tiket konser band asal Inggris ini sudah mulai dijual sejak 19 Mei 2023 di coldplayinjakarta.com.

Usai menggelar konser di Indonesia, Chris Martin cs akan melanjutkan turnya ke Perth, Australia pada 18-19 November, dan 22 November 2023 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper