Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Coldplay Cuma Manggung 1 Hari, Sandiaga Uno Ubah Sistem Perizinan

Menparekraf Sandiaga Uno akan segera mengubah sistem perizinan imbas dari tak dapat diselenggarakan konser Coldplay selama 2 hari di Jakarta.
Menparekraf Sandiaga Uno / Kemenparekraf
Menparekraf Sandiaga Uno / Kemenparekraf

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno akan segera mengubah sistem perizinan imbas dari tak dapat diselenggarakan konser Coldplay selama 2 hari di Jakarta.

Sandiaga mengatakan salah satu alasan mengapa Coldplay hanya menggelar konser sehari di Indonesia dan lebih dari satu hari di negara lainnya, adalah karena perizinan. 

“Salah satu pertimbangan kenapa Coldplay hanya memilih satu hari di sini dan lebih dari satu hari di negara lain karena salah satu faktornya perizinan, baik kemudahan perizinan, waktu dari perizinan, dan juga biaya dari perizinan tersebut,” ungkapnya usai menghadiri rapat internal di Istana Kepresidenan, Selasa (1/8/2023).

Pemerintah berencana untuk melakukan uji coba perizinan secara digital pada September 2023, guna menjawab keluhan dari para pelaku event baik olahraga, seni, dan ekonomi kreatif yang kesulitan untuk mendapatkan perizinan.

Dengan adanya uji coba tersebut, dia berharap pelaku event organizer lebih mudah dalam mengurus perizinan.

“Rapat tadi diputuskan untuk di uji cobakan pada September secara pilot project digitalisasi dari perizinan penyelenggaraan event,” kata Sandi.

Sandi berharap hadirnya digitalisasi akan memangkas sejumlah proses perizinan sehingga pelayanan publik untuk perizinan event akan lebih baik ke depannya.

Selain itu, dengan adanya digitalisasi, pemerintah menargetkan perizinan event berskala nasional dapat diterbitkan 14 hari sebelum event digelar, sedangkan untuk skala internasional, Sandi menargetkan sekitar 21 hari sebelum acara dilaksanakan.

Adapun mudahnya proses perizinan diharapkan mampu menggerakan ekonomi Indonesia sekitar Rp167 triliun.

“Dan jika digitalisasi ini bisa berlangsung dan mencapai efisiensi, maka akan tercapai nilai tambah ekonomi sekitar tambahan Rp17 triliun,” ujarnya.

Sekadar informasi, Coldplay dijadwalkan tampil sehari di Indonesia, tepatnya di Gelora Bung Karno (GBK) Stadium, Jakarta, pada 15 November 2023. Namun, di beberapa negara, Chris Martin cs diketahui telah menambah tanggal konsernya. 

Di Perth, Australia, Coldplay menambah tanggal konsernya yang semula di 18 November 2023 menjadi 18 dan 19 November 2023. Lalu di Singapura, konser akan digelar selama 6 hari, yakni pada 23, 24, 25, 26, 27, 30, dan 31 Januari 2024 di Singapore National Stadium.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Editor : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper