Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pejabat AS Beri Tips Infrastruktur Ramah Lingkungan untuk IKN

Pejabat AS memberikan tanggapan mengenai beberapa hal yang penting dalam membangun kota yang layak huni dan ramah lingkungan di IKN.
Chief Sustainability Officer Kota Austin di Texas, Amerika Serikat, Lucia Athens ketika ditemui dalam acara “Sustainable Urban Development” di @America, Pacific Place Jakarta, Selasa  (3/10/2023). JIBI/Jessica Gabriela Soehandoko
Chief Sustainability Officer Kota Austin di Texas, Amerika Serikat, Lucia Athens ketika ditemui dalam acara “Sustainable Urban Development” di @America, Pacific Place Jakarta, Selasa (3/10/2023). JIBI/Jessica Gabriela Soehandoko

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah kini terus mempersiapkan infrastruktur untuk rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur. IKN sendiri mengusung konsep smart forest city atau kota pintar yang mengutamakan aspek lingkungan berkelanjutan. 

Chief Sustainability Officer Kota Austin di Texas Amerika Serikat (AS) Lucia Athens memberikan beberapa hal yang paling penting dalam membangun kota yang layak huni dan ramah lingkungan. 

“Menurut saya yang paling penting adalah gagasan seperti kota 10 menit, di mana Anda bisa mendapatkan hal-hal yang Anda perlukan dengan cepat, berjalan kaki, dengan sepeda, dan Anda tidak perlu naik mobil,” jelasnya  ketika ditemui dalam acara “Sustainable Urban Development” di @America, Pacific Place Jakarta, Selasa malam (3/10).

Dengan gagasan konsep tersebut, maka kota tersebut berada dalam pengembangan yang memiliki beragam fungsi, termasuk perumahan dan juga tempat-tempat untuk bekerja dan memiliki berbagai layanan. 

“Itu mungkin hal yang paling penting bagi sebuah kota yang peduli pada iklim adalah kemampuan untuk menggabungkan berbagai fungsi tersebut,” tuturnya. 

Bagian lain yang dia sarankan, yaitu agar IKN memiliki akses ke alam terbuka dan ruang alam, hal ini bisa meliputi taman. Ia juga menuturkan bahwa Austin sendiri juga sedang memiliki target, bahwa jika Anda tinggal di area padat, maka Anda harus bisa berjalan kaki ke taman dalam jarak seperempat mil atau sekitar 2,25 km. 

Kemudian, terkait bagaimana tata ruang Jakarta nanti terutama jika pemindahan IKN ke Kalimantan Timur sudah terealisasi, Athens berpendapat bahwa saat itu Jakarta memiliki banyak peluang untuk mengambil alih lebih banyak ruang dengan sistem alam, pepohonan, beton, memperbaiki aliran sungai dan saluran air sehingga menjadi lebih alami ataupun mengembalikan fungsinya. 

“Sehingga kita memiliki ekosistem yang lebih berfungsi yang akan memberikan kualitas air yang lebih baik, habitat yang lebih baik, dan juga tempat yang lebih baik bagi manusia,” ungkapnya. 

Athens sendiri juga menuturkan bahwa menarik untuk memikirkan peluang dan kota Jakarta nanti, seperti tampilan, nuansa dan bagaimana kota Jakarta akan berfungsi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper