Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kereta Cepat WHOOSH Punya Logo Baru, Ini Maknanya

KCIC menetapkan logo resmi dari Kereta Cepat WHOOSH Indonesia yang merupakan buatan studio Visious.
Logo WHOOSH yang terpampang pada badan Kereta Cepat Jakarta Bandung atau Kereta Cepat WHOOSH Indonesia./ Dok. @keretacepat_id
Logo WHOOSH yang terpampang pada badan Kereta Cepat Jakarta Bandung atau Kereta Cepat WHOOSH Indonesia./ Dok. @keretacepat_id

Bisnis.com, JAKARTA – Logo dan jenama atau branding untuk Kereta Cepat WHOOSH Indonesia telah ditetapkan bersamaan dengan peresmian moda transportasi ini pada Senin (2/10/2023).

Logo Kereta Cepat yang terpilih tersebut juga sudah terpampang pada badan gerbong Kereta Cepat saat peresmiannya. Logo yang terpilih tersebut telah diumumkan melalui akun resmi Instagram Kereta Cepat WHOOSH, @keretacepat_id.

Sementara itu, dalam laman resmi perusahaan yang diakses pada Selasa (3/10/2023), logo yang terpilih ini merupakan kreasi dari studio desain Visious. Logo dan jenama ini terpilih dari 10 calon logo dari sayembara yang diadakan oleh pemerintah.

Adapun, konsep logo Kereta Cepat WHOOSH buatan studio Visious menerjemahkan suara lesatan sebagai dampak kehadiran kereta cepat terhadap perubahan, percepatan, pertumbuhan, dan pencapaian di berbagai aspek kehidupan, ekonomi, dan budaya pada setiap lapisan masyarakat.

Secara garis besar, konsep tersebut menggambarkan efek empasan dari cepatnya laju kereta yang membentuk huruf W sebagai logogram. Selain mewakili nama WHOOSH, logogram ini secara langsung menyimbolkan dampak lesatan kereta cepat yang luar biasa di benak publik.

Hal ini divisualisasikan melalui prinsip desain yang selalu mengaplikasikan bentuk lekukan yang dinamis, struktur yang solid, dan garis yang selalu mengarah ke atas. Lewat pengaplikasian warna yang kontras dan cerah serta penggunaan huruf yang kokoh, ekspresi pada logo membawa karakter energik yang mencerminkan kegesitan, kekuatan, keberanian, ketegasan, dan ketajaman visi ke depan.

Secara keseluruhan, identitas visual ini ingin menyampaikan pesan bahwa kereta cepat akan membawa perubahan yang berdampak positif secara signifikan bagi kemajuan Indonesia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Indonesia menjadi Negara pertama di Asia Tenggara yang memiliki Kereta Cepat yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. 

Hal ini disampaikan Jokowi saat meresmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung pada Senin (2/10/2023). 

Orang nomor satu di Indonesia itu pun menekankan bahwa Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan memiliki nama WHOOSH dan memiliki kecepatan maksimal hingga 350 kilometer (km) per jam. 

“Kami menamakannya Whoosh, W, H, O, O, S, H, di baca whoosh. Ini diinspirasi dari suara yang melesat dari kereta berkecepatan tinggi ini dan singkatan dari Waktu Hemat Operasi Optimal Sistem Hebat,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper