Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Proyek Swasta Mulai Dibangun di IKN, Ada Hotel Hingga RS

Sejumlah investor pioner telah melaksanakan pembangunan di IKN di antaranya konsorsium Agung Sedayu Group hingga Vasanta Group. Berapa total investasinya?
Presiden Joko Widodo (tengah) memberi pembukaan saat groundbreaking Hotel Vasanta di IKN/dok. tangkapan layar X.com
Presiden Joko Widodo (tengah) memberi pembukaan saat groundbreaking Hotel Vasanta di IKN/dok. tangkapan layar X.com

Sebelumnya, Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono menjelaskan bahwa konsorsium Agung Sedayu juga bakal berencana menggarap proyek kebun raya (botanical garden). Dengan demikian, total nilai investasi yang diguyurkan oleh Aguan Cs di IKN dilaporkan mencapai Rp40 triliun.

Untuk diketahui, Konsorsium Agung Sedayu sendiri terdiri dari 10 perusahaan raksasa di Indonesia. Di antaranya, Salim Grup milik Anthony Salim, Sinarmas milik Franky Wijaya, Pulauintan milik Pui Sudarto dan Djarum milik Budi Hartono.  

Selanjutnya, ada Wings Group milik Wiliam Katuari, Adaro milik TP Rahmat/Boy Tohir, Barito Pacific milik Prajogo Pangestu, Mulia Group milik Eka Tjandranegara, hingga Astra Group milik Soeryadjaya.

2. Rumah Sakit Abdi Waluyo

Rumah sakit Abdi Waluyo menjadi proyek swasta kedua yang dibangun di IKN. Proyek ini telah melaksanakan peletakan batu pertama pada Jumat siang (22/9/2023).

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa Rumah Sakit Abdi Waluyo akan menjadi rumah sakit pertama yang ada di Ibu Kota Nusantara. Dalam laporannya, nilai investasi dari proyek ini dilaporkan mencapai Rp2 triliun dengan total 400 kamar tersedia.

"Rumah sakit ini penting dan saya senang ada investasi sebesar Rp2 triliun yang kurang lebih nanti akan ada 400-an kamar. Dan yang saya senang yang tadi disampaikan dr. Sigit akan menangani sub spesialis," jelas Jokowi.

Secara lebih lanjut, pimpinan RS Abdi Waluyo dr. Sigit Pramono menjelaskan bahwa pada tahap awal rumah sakit ini akan dibangun di tanah seluas 5.000 meter persegi dengan total 5 lantai bangunan.

"Tahap awal untuk landscaping kita harapkan mulai tahun depan. Kemudian dengan [hadirnya] RS Abdi Waluyo kita akan mensupport program PSSI, kita akan mensupport semua program untuk atlet Indonesia," pungkasnya.

3. Hotel Vasanta

PT Sirius Surya Sentosa atau Vasanta Group juga telah resmi melaksanakan peletakan batu pertama (groundbreaking) di Ibu Kota Nusantara (IKN). Proses groundbreaking tersebut dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi pada, Sabtu (23/9/2023).

Lebih lanjut, Jokowi berharap perusahaan swasta pionir yang telah berkomitmen membangun IKN ini diharapkan dapat menjadi katalis positif dalam mendorong geliat ivestasi di IKN.

"Saya berharap akan makin banyak fasilitas dan infrastruktur yang dibangun di IKN, baik hotel, rumah sakit, universitas, hingga taman safari. Terima kasih kepada para investor yang telah menanamkan modalnya," tutur Jokowi.

Untuk diketahui, komitmen Vasanta membangun infrastruktur di IKN pertama kali diketahui usai PT Sirius Surya Sentosa dan PT Bina Karya (Persero) sebagai Badan Usaha Otorita (BUO), menandatangani nota kesepemahaman (MoU) di Saumata 1 Office, Alam Sutera, Tangerang, pada Rabu (21/6/2023). 

Belum diketahui pasti berapa nilai investasi yang diguyurkan Vasanta Group dalam pembangunan proyek ini. Hanya saja, Vasanta Group rencananya akan pembangunan hotel bintang empat di tanah seluas 0,7 hektare yang berlokasi KIPP 1A. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper