Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sertifikat Izin Belum Terbit, Kereta Cepat Fix Beroperasi 1 Oktober?

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal mengatakan, pihaknya terus menggodok proses sertifikasi izin operasi Kereta Cepat Jakarta Bandung
Kereta Cepat Jakarta Bandung di Stasiun Halim./ Dok. KCIC
Kereta Cepat Jakarta Bandung di Stasiun Halim./ Dok. KCIC

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung akan mulai beroperasi pada awal Oktober 2023 mendatang.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal menjelaskan, kereta cepat rencananya akan diresmikan pada tanggal 1 Oktober 2023. Pada tanggal tersebut, kereta cepat juga akan memulai masa operasi komersial atau commercial operation date (COD). 

“Iya, itu fix beroperasinya pada 1 Oktober. Itu namanya sudah COD," kata Risal di Stasiun KCIC Halim, Jakarta pada Rabu (13/9/2023).

Adapun, Kemenhub juga terus menggodok proses sertifikasi izin operasi. Risal menuturkan, pihaknya akan mengupayakan izin operasi tersebut diterbitkan dalam waktu sepekan ke depan. 

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan, kereta cepat ditargetkan mulai beroperasi pada 1 Oktober 2023. Meski demikian, Budi Karya menyebut, pemerintah tidak akan tergesa-gesa untuk mengejar target operasi moda kereta cepat pertama di Indonesia tersebut.

Budi Karya mengatakan, dirinya terus berkoordinasi dengan Presiden Jokowi terkait target operasi tersebut. Dia juga mengaku melaporkan progres pengujian atau pengerjaan proyek tersebut.

Adapun, target operasi kereta cepat tercatat sudah beberapa kali molor. Megaproyek yang sudah dibangun sejak 2016 ini awalnya sempat ditargetkan selesai dan dapat beroperasi pada 2019 lalu. Namun, target tersebut tidak dapat terpenuhi dan molor.

Setelah tenggat waktu pada 2019 tidak terpenuhi, kereta cepat ditargetkan dapat mulai beroperasi pada 2021. Namun, target tersebut kembali diundur ke Desember 2022.

Selanjutnya, target operasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung pun sudah beberapa kali mundur sepanjang tahun ini. Pada awalnya, KCJB ditargetkan sudah beroperasi pada Juni 2023. Namun, target ini kembali diundur ke 18 Agustus 2023.

Rencana pengoperasian kereta cepat pada 18 Agustus 2023 ini awalnya bakal menjadi simbol kado kepada masyarakat Indonesia dalam rangka HUT ke-78 RI. Pada tanggal tersebut, KCJB rencananya akan diresmikan dan mulai beroperasi bersama dengan moda transportasi lain yang dibangun pemerintah, LRT Jabodebek.

Namun, tenggat tersebut juga gagal terpenuhi baik untuk KCJB maupun LRT. Meski demikian, LRT Jabodebek telah memulai masa operasinya lebih dahulu pada 28 Agustus 2023 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper