Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bos Otorita: Groundbreaking Proyek Swasta di IKN Bakal Dihadiri Jokowi

Badan Otorita menyebut pelaksanaan groundbreaking proyek swasta di IKN masih menunggu jadwal Presiden Jokowi.
Presiden Jokowi bersama sejumlah jajaran di IKN, Selasa (25/10/2022) - BPMI Setpres/Laily Rachev.
Presiden Jokowi bersama sejumlah jajaran di IKN, Selasa (25/10/2022) - BPMI Setpres/Laily Rachev.

Bisnis.com, JAKARTA - Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) memastikan pelaksanaan groundbreaking investor swasta di IKN akan terealisai pada bulan ini. Adapun, proses pelaksanaanya dilaporkan masih menunggu jadwal Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono, menjelaskan pembahasan mengenai penetapan tanggal groundbreaking masih dalam proses penyesuaian dengan jadwal Presiden Jokowi.

"[Jadwal groundbreaking] sedang dibahas. Disesuaikan dan diorganisasikan dengan memperhatikan juga jadwal bapak Presiden," jelasnya saat ditemui di Kompleks DPR RI, Senin (11/9/2023).

Sebagaimana diketahui, sepanjang awal September 2023 ini Jokowi memang terpantau masih disibukkan dengan perhelatan KTT Asean 2023 di Indonesia pada 4-7 September 2023.

Tak hanya itu, Presiden Jokowi diketahui baru saja kembali pada Minggu (10/11/2023) usai menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di India, yang berlangsung pada 9-10 September 2023. 

Alhasil hingga saat ini belum diketahui secara pasti kapan proses groundbreaking akan dilangsungkan. Hanya saja, Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Agung Wicaksono, memastikan, realisasi groundbreaking sejumlah investor yang tergabung dalam konsorsium Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) akan dilaksanakan selambat-lambatnya pada akhir September 2023.

"Realisasi groundbreaking [dilakukan] antara pertengahan hingga akhir bulan September 2023," kata Agung kepada Bisnis, Senin (11/9/2023).

Namun demikian, berdasarkan catatan Bisnis, Presiden Jokowi diketahui telah memiliki jadwal untuk bertolak ke IKN pada 22 September 2023. Informasi tersebut disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Basuki menjelaskan, rencana Jokowi bertolak ke IKN tersebut berkenaan dengan peresmian Bendungan Sepaku Semoi.

"Nanti tanggal 22 [September] mungkin Pak Presiden datang ke sana [IKN]" kata Basuki saat ditemui usai Rapat Kerja (Raker) dan Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi V DPR RI, Kamis (7/9/2023). 

Adapun, sejumlah perusahaan yang akan melangsungkan groundbreaking akan menggarap pembangunan fasilitas umum mulai dari hotel, rumah sakit, hingga pusat perbelanjaan mal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper