Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rumah Tapak Masih Mendominasi Tren Pembelian Properti Semester I/2023

99 Group mencatat pencarian rumah tapak masih mendominasi mencapai 64,1 persen sepanjang semester I/2023.
Deretan rumah tapak di kawasan Padasuka Atas, Bandung, Jawa Barat, Rabu (17/10/2018)./JIBI-Rachman
Deretan rumah tapak di kawasan Padasuka Atas, Bandung, Jawa Barat, Rabu (17/10/2018)./JIBI-Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan induk yang menaungi marketplace properti Rumah123.com dan 99.co, yakni 99 Group mencatat pencarian rumah tapak masih mendominasi mencapai 64,1 persen sepanjang semester I/2023.

Angka permintaan tersebut jumlahnya bahkan 5 kali lebih besar dibandingkan permintaan apartemen yang tercatat sebesar 10,4 persen serta tanah sebesar 9 persen.

Country Manager 99 Group Indoneisa Maria Herawati Manik mengungkapkan, dari sisi segmen harga, pencari properti terlihat menyukai rentang harga hunian mulai dari Rp400 juta sampai dengan Rp1 miliar, serta Rp1 miliar - Rp3 miliar. 

Temuan ini memperlihatkan pencari properti dari kelas menengah dan menengah atas cenderung meningkat signifikan sepanjang semester I/2023. Adapun, mayoritas dari mereka didominasi kalangan generasi muda rentang usia 18-44 tahun yang mencapai 70,4 persen.

"Jika diamati lebih jauh dan dibandingkan dengan [capaian] semester II/2022, kelompok usia 25-34 tahun mengalami pertumbuhan tertinggi dibanding kelompok usia lainnya, mencapai 2,8 persen. Umumnya mereka merupakan kalangan yang baru saja menikah, membangun keluarga baru sehingga memiliki keinginan untuk mempunyai hunian sendiri. Ini dapat mendorong pertumbuhan dalam pencarian properti karena mereka mencari rumah atau tempat tinggal yang sesuai dengan perkembangan kondisi mereka saat ini," jelasnya dalam agenda konferensi pers di Jakarta, Selasa (6/9/2023).

Seiring dengan hal tersebut, Maria menambahkan, pasar properti perlu untuk memanfaatkan peluang minat pada kelompok usia tersebut. Untuk itu, 99 Group menyelenggarakan peringatan Hari Properti Nasional Festival (Harpropnas Fest).

"Harpropnas merupakan perayaan tahunan yang diperingati setiap tanggal 9 September untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya memiliki hunian, mendapatkan wawasan serta panduan dalam mengambil keputusan terbaik terkait pemenuhan kebutuhan properti.” tambah Maria.

Adapun, Harpropnas Fest ini dilaporkan diikuti oleh sebanyak 17 pengembang dengan total mencapai 26 project. Di sejumlah pengembang tersebut, yakni Agung Podomoro Land, Sinarmas Land, Modern Land Realty, Alam Sutera, hingga Triniti Land.

Selama perayaan Harpropnas berlangsung, masyarakat juga berkesempatan mendapatkan berbagai promo menarik dari pengembang, termasuk diskon hingga Rp500 jutaan untuk hunian, cicilan mulai dari Rp1 jutaan, subsidi uang muka atau biaya KPR, logam mulia bahkan kesempatan memenangkan grand prize mobil.

Pada kesempatan yang sama, Marketing Communication Manager 99 Group Indonesia Elizabeth Cornelia menjelaskan, Harpropnas Fest 2023 diharapkan menjadi ajang festival properti yang menciptakan kesempatan bagi para pencari properti berinteraksi dengan para stakeholder properti lebih seru dan menyenangkan.

"Di sisi lain, ini juga menjadi momentum pengingat bahwa upaya setiap manusia dalam mencari hunian patut didukung penuh semua pihak dikarenakan keberhasilan memperoleh hunian idaman merupakan salah satu capaian terbesar dalam hidup yang patut dirayakan,” pungkas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper