Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Brantas Abipraya Bangun Rusun ASN di IKN, Rampung November 2024

Brantas Abipraya turut berkontribusi dalam membangun 8 dari 47 rusun ASN di IKN yang ditargetkan tuntas seluruhnya pada November 2024.
Proyek rumah susun atau rusun pekerja di IKN Nusantara / Dok. Kementerian PUPR.
Proyek rumah susun atau rusun pekerja di IKN Nusantara / Dok. Kementerian PUPR.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Brantas Abipraya (Persero) menargetkan pembangunan proyek rumah susun (Rusun) aparatur sipil negara (ASN) di Ibu Kota Nusantara (IKN) bisa rampung pada November 2024.

Direktur Operasi II Brantas Abipraya, Purnomo, menjelaskan bahwa pihaknya terus mendukung pembangunan infrastruktur di IKN dengan turut berkontribusi dalam membangun 8 dari 47 rusun ASN.

"Dalam pembangunan Rusun IKN ini Abipraya membangun 8 tower, dengan 60 unit di tiap tower-nya. Pekerjaan ini ditargetkan tuntas pada November 2024. Tak hanya sekedar bangunan, rusun ini pun dibangun dengan menerapkan konsep bangunan hijau,” kata Purnomo dalam keterangan tertulis, Jumat (1/8/2023).

Purnomo menambahkan, proses penyelesaian konstruksi rusun ASN tersebut akan dilakukan secara parsial. Di mana, tiga tower ditargetkan tuntas pada Juli 2024, tiga tower berikutnya tuntas pada September 2024 dan dua tower sisanya ditargetkan rampung pada November 2024. 

Nantinya, masing-masing tower dibangun setinggi 12 lantai terdiri dari lantai 1 dan 2 dimanfaatkan untuk podium fasos/fasum (fitness, public space, dsb), sedangkan 10 lantai sisanya untuk hunian.

Dengan demikian, dapat diketahui bahwa Brantas Abipraya akan membangun 480 unit rusun dengan luas tiap unit sebesar 98 meter persegi.

“Sebagai pelaksana, Brantas Abipraya akan fokus membangun dengan mengutamakan penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja, bekerja dengan cerdas, tepat mutu, biaya dan waktu,” ujarnya.

Sebagai tambahan informasi, selain membangun hunian di IKN, Brantas Abipraya juga membangun beberapa infrastruktur lainnya, di antaranya Bendungan Sepaku Semoi, Tol Karangjoang-KTT Kariangau, Jaringan Perpipaan Transmisi Air Minum SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) Sepaku Paket 1, Embung Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), dan Proyek Penataan Sumbu Kebangsaan Tahap 1.

“Kesemua pekerjaan infrastruktur yang sedang dikerjakan Brantas Abipraya di IKN ini merupakan kontribusi dan peran aktif kami dalam memenuhi kebutuhan infrastruktur yang unggul untuk masyarakat IKN. Brantas Abipraya akan terus fokus dan berkontribusi penuh, bekerja lebih keras dan cerdas lagi untuk infrastruktur nasional,” jelas Purnomo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper