Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Catat! Jadwal Keberangkatan Pertama dan Terakhirnya LRT Jabodebek

LRT Jabodebek hanya akan melakukan pelayanan pengangkutan penumpang hingga pukul 20.00 WIB pada tahap awal operasinya.
Rangkaian LRT Jabodebek. ANTARA/HO-Biro Komunikasi dan Informasi Publik (BKIP) Kemenhub.
Rangkaian LRT Jabodebek. ANTARA/HO-Biro Komunikasi dan Informasi Publik (BKIP) Kemenhub.

Bisnis.com, JAKARTA – LRT Jabodebek hanya akan melakukan pelayanan pengangkutan penumpang hingga pukul 20.00 WIB pada tahap awal operasinya.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Risal Wasal menjelaskan, masa operasional LRT Jabodebek pada tahap awal hanya akan menggunakan sebanyak 12 rangkaian kereta (trainset).

Kegiatan operasional tersebut akan dilakukan mulai dari pukul 05.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Durasi tersebut lebih singkat dibandingkan dengan jam operasional penuh LRT Jabodebek yang direncanakan pada 05.00 WIB hingga 23.30 WIB.

Waktu tunggu antarkereta atau headway pada tahap awal operasi ini adalah 10 menit untuk stasiun dalam Kota Jakarta dan 20 menit di antara stasiun ujung, yakni Harjamukti dan Jatimulya.

Adapun, Manajemen LRT Jabodebek juga menginformasikan jadwal keberangkatan awal dan terakhir kereta pada tahap awal operasi. Dilansir dari Instagram resmi @lrt_jabodebek pada Selasa (29/8/2023), jadwal tersebut akan berlaku mulai 29 Agustus 2023.

Secara rinci, jadwal keberangkatan awal Dukuh Atas-Harjamukti adalah pada 05.09 WIB-05.59 WIB. Kemudian, Harjamukti-Dukuh Atas pada pukul 05.09 WIB-05.59 WIB. 

Selanjutnya, keberangkatan awal rute Jatimulya-Dukuh Atas adalah pada 05.00 WIB-05.55 WIB. Sedangkan, Dukuh Atas-Jati Mulya adalah pukul 05.58 WIB-06.54 WIB. 

Adapun, jadwal keberangkatan terakhir Dukuh Atas-Jati Mulya adalah 18.58 WIB-19.54 WIB,sementara Jati Mulya-Dukuh Atas adalh pada 18.00 WIB-18.55 WIB. 

Selanjutnya, jadwal keberangkatan terakhir untuk rute Harjamukti-Dukuh Atas adalah pada 17.49 WIB-18.39 WIB, dengan Dukuh Atas-Harjamukti pada 17.49 WIB-18.39 WIB. 

Selain itu, LRT Jabodebek juga menyebutkan kereta belum akan berhenti di Stasiun Halim. 

"Untuk sementara Stasiun Halim belum dapat digunakan untuk naik dan turun penumpang," demikian kutipan unggahan tersebut. 

Manajer Humas KAI Divisi LRT Jabodebek, Kuswardojo, menjelaskan, penetapan waktu operasional di tahap awal tersebut berdasarkan keputusan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Dia mengatakan, sebelumnya KAI telah mengajukan usulan jadwal dalam bentuk grafik perjalanan kereta api atau Gapeka untuk kegiatan operasional penuh.

Namun, dia mengatakan Kemenhub hanya menyetujui jam operasi LRT Jabodebek pada pukul 05.00 WIB hingga 20.00 WIB untuk tahap awal. Selain itu, jumlah rangkaian kereta (trainset) yang dioperasikan juga ditetapkan sebanyak 12 rangkaian.

“Tentunya dengan jumlah kereta yang baru 12 unit tidak bisa operasikan full seperti jadwal penuh sampai jam 23.30 WIB,” jelas Kuswardojo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper