Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KAI Siapkan Stasiun Integrasi LRT Jabodebek Jelang Beroperasi Besok

KAI Commuter akan mempersiapkan fasilitas integrasi pada stasiun yang terhubung dengan LRT Jabodebek seperti Stasiun Cawang dan Stasiun Sudirman.
Rangkaian kereta Lintas Rel Terpadu (LRT) melintasi jembatan lengkung di kawasan Jl. Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (2/8/2023). Bisnis/Arief Hermawan P
Rangkaian kereta Lintas Rel Terpadu (LRT) melintasi jembatan lengkung di kawasan Jl. Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (2/8/2023). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Commuter Indonesia atau KAI Commuter akan mempersiapkan fasilitas integrasi pada stasiun yang terhubung dengan LRT Jabodebek seperti Stasiun Cawang dan Stasiun Sudirman.

VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, mengatakan terdapat sebanyak 421 perjalanan yang telah disiapkan pihaknya untuk melayani pengguna commuter line yang akan melakukan transit di Stasiun Integrasi antar moda Cawang.

“KAI Commuter juga mencatat rata-rata pengguna commuter line yang turun di stasiun tersebut sebanyak 12.000 -15.000 orang per harinya, sedangkan pengguna commuter line yang naik di stasiun tersebut sebanyak 11.000-13.000 orang per harinya,” kata Anne dalam keterangan tertulis, Minggu (27/8/2023).

KAI Commuter telah menyiapkan akses menuju Stasiun LRT Cikoko dan juga menuju halte bus Transjakarta di Stasiun Cawang. Adapun, untuk halte Transjakarta dapat diakses melalui pintu pada sisi barat Stasiun Cawang menggunakan JPO.

Kemudian untuk Stasiun Sudirman, para pengguna Commuter line dapat mengakses JPO pada sisi timur stasiun untuk transit dan menggunakan LRT. Sebanyak 277 perjalanan per harinya pun dioperasikan oleh KAI Commuter untuk Stasiun Sudirman dengan rata-rata volume pengguna mencapai 25.000-30.000 per harinya.

Sebagai informasi, LRT Jabodebek dijadwalkan segera beroperasi pada akhir Agustus 2023 ini. Angkutan tersebut bakal melayani masyarakat di 18 stasiun yang menghubungkan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi.

EVP of Corporate Secretary KAI, Raden Agus Dwinanto Budiadji, sebelumnya menyebut akan terdapat 434 perjalanan LRT Jabodebek yang siap melayani penumpang per hari dengan kapasitas satu rangkaian LRT Jabodebek dapat menampung hingga 1.308 penumpang.

Sebanyak 31 rangkaian kereta pun akan disiapkan, dengan 27 trainset untuk keperluan operasional, serta sebanyak 4 trainset akan digunakan sebagai cadangan. Setiap trainset LRT Jabodebek terdiri atas 6 kereta.

“LRT Jabodebek melayani masyarakat di 18 stasiun yang menghubungkan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi. Stasiun-stasiun tersebut adalah Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Halim, Jatibening Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat, dan Jati Mulya,” ujar Raden.

Ketika sudah beroperasi penuh, waktu operasional LRT Jabodebek akan dimulai pukul 05.00 WIB hingga 23.30 WIB, dengan terdapat 2 line perjalanan yaitu Line Cibubur yang melewati Stasiun Dukuh Atas–Cawang–Stasiun Harjamukti/pp  dan Line Bekasi yang melewati Stasiun Dukuh Atas–Cawang–Halim-Stasiun Jatimulya/pp.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper