Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Intip Deretan Crazy Rich yang Turun Gunung Investasi Proyek IKN

Aguan, pendiri Agung Sedayu Group, memimpin para crazy rich yang akan investasi di proyek IKN, berikut nama-namanya.
Bos properti Agung Sedayu Group, Sugianto Kusuma alias Aguan bersama Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Jumat (11/8/2023)./ Dok. BKPM
Bos properti Agung Sedayu Group, Sugianto Kusuma alias Aguan bersama Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Jumat (11/8/2023)./ Dok. BKPM

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah crazy rich yang dipimpin oleh Aguan, pendiri Agung Sedayu Group, bakal turun gunung untuk ikut dalam groundbreaking investasi proyek IKN.

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia memastikan konsorsium penanaman modal dalam negeri (PMDN) melakukan groundbreaking pada September 2023. Adapun rencana investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) diperkirakan sekitar Rp30-40 triliun.

Bahlil bersama konsorsium PMDN beberapa waktu lalu telah melakukan kunjungan kerja ke IKN. Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari Bahlil dengan konsorsium pada Juli 2023.

Kunjungan yang turut dihadiri pendiri Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma alias Aguan serta Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe bertujuan untuk meninjau pembangunan IKN serta menemukan solusi atas masalah yang dihadapi para investor dalam pembangunan mega proyek ini.

Ternyata, tak hanya Aguan, pengusaha berstatus crazy rich yang akan turun gunung ikut groundbreaking IKN pada September 2023.

Deretan Crazy Rich yang Turun Gunung Investasi di Proyek IKN:

1. Sugianto Kusuma alias Aguan

Pendiri Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma alias Aguan
Bos Agung Sedayu Group dikabarkan memimpin konsorsium PMDN di IKN. Kehadirannya dalam kunjungan tersebut menjadi sorotan.

Hadirnya Aguan dalam kunjungan tersebut, mewakili sejumlah calon investor meninjau proyek infrastruktur dasar yang perlu dilakukan percepatan.

Pada kesempatan ini, Aguan menyebut peluang untuk melaksanakan peringatan HUT RI di IKN sangat besar, mengingat kemudahan izin berusaha yang diberikan oleh pemerintah.

“Saya harap urusan logistik agar segera ditindaklanjuti. Izin usaha sudah sangat mudah, sehingga peluang upacara 17 Agustus 2024 sangatlah besar,” kata Aguan dalam keterangan resmi, dikutip Senin (14/8/2023).

Sebagai informasi, harta kekayaan Aguan pada 2018 mencapai US$970 juta atau setara Rp14,87 triliun menurut data Globe Asia.

2. Alexander Tedja

Raja properti dan mal dari Surabaya ini diketahui akan menyuntik dana pembangunan di IKN. Sebelumnya, PT Pakuwon Jati Tbk. (PWON) sudah menyatakan komitmen investasinya di IKN.

Dalam laporan rencananya, PWON akan melakukan pembangunan superblok yang terdiri atas pusat perbelanjaan, apartemen, dan hotel. Rencana tersebut juga sudah melalui proses penandatanganan kesepakatan kerja sama Pakuwon an PT Bina Karya (Persero) pada Jumat (7/7/2023).

Sebagai informasi, nama Alexander Tedja berada di urutan 47 dalam daftar 50 Orang Terkaya di Indonesia 2022 versi Forbes dengan kekayaan bersih US$955 juta atau setara Rp14,64 triliun. Adapun saat ini kekayaannya mencapai US$1,1 miliar (setara Rp16,8 triliun) atau naik 0,41 persen, menurut real time billionaires Forbes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper