Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Airlangga: Penyaluran KUR Sudah Normal, Tembus Rp126,63 T

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) semester I sudah kembali normal usai pandemi Covid-19.
Kredit Usaha Rakyat/Istimewa
Kredit Usaha Rakyat/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Koordinator bidang Perekonomian mengungkapkan bahwa penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) pada semester I/2023 sudah kembali normal pascapandemi covid-19 dan pencabutan status PPKM kemarin.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan normalnya penyaluran KUR tersebut juga dibantu oleh kebijakan baru pemerintah tentang penyaluran KUR sehingga bisa mendorong jumlah debitur baru dan debitur graduasi. 

Dari sisi kuantitas, dia mengungkapkan penyaluran KUR tetap terjaga dengan tren positif yang ditunjukkan dengan total penyaluran KUR pada 31 Juli 2023 sebesar Rp126,63 triliun yang diberikan kepada 2,3 juta debitur dengan non-performing loan (NPL) tetap terjaga di level 1,63 persen. 

“Semakin banyak UMKM yang dapat mengakses KUR dan skala usahanya berhasil naik kelas,” tuturnya di Jakarta, Kamis (10/8).

Selain itu, Airlangga juga mengapresiasi peran semua Pemerintah Provinsi yang membantu pemerintah pusat untuk penyaluran KUR secara baik dan inovatif. Menurutnya, peran Pemerintah Provinsi sangat penting agar penyaluran KUR bisa tepat sasaran, efektif dan efisien.

Pemerintah Provinsi telah meningkatkan dan berperan aktif sebagai kunci dalam meningkatkan akses KUR kepada masyarakatnya,” katanya.

Airlangga juga menjelaskan bahwa pemerintah telah memutuskan penyesuaian target plafon KUR menjadi sebesar Rp297 triliun hingga akhir tahun ini. Dia berharap penyaluran KUR bisa lebih berkualitas tanpa batas.

Diharapkan melalui penyesuaian target tersebut, penyaluran KUR menjadi lebih berkualitas tanpa membatasi akses pembiayaan bagi UMKM yang belum mendapatkan akses pembiayaan formal,” ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper