Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lion Air Ekspansi Rute Umrah dari Medan, Terbang 5 Kali Seminggu

Lion Air melakukan ekspansi rute penerbangan umrah dari Medan untuk menggaet pasar jemaah umrah dan wisatawan di daerah tersebut.
Pesawat Lion Air terparkir di Apron Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (17/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Pesawat Lion Air terparkir di Apron Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (17/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA — Lion Air telah resmi membuka penerbangan langsung ke Arab Saudi dari Medan. Pembukaan rute ini dilakukan guna memanfaatkan pasar jemaah umrah dan wisatawan yang ada di daerah tersebut.

Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, pada tahap awal operasi, Lion Air menetapkan jadwal penerbangan umrah dari Bandara Kualanamu, Medan sebanyak lima kali seminggu. Hal ini sebagai upaya memberikan lebih banyak fleksibilitas bagi jamaah dalam memilih waktu yang paling sesuai untuk melaksanakan ibadah suci umrah dan berwisata.

Danang memaparkan, salah satu keunggulan penerbangan langsung ke Arab Saudi adalah kemudahan akses bagi masyarakat dan jemaah umrah dari wilayah-wilayah di Sumatera Utara. Penerbangan ini dinilai lebih praktis tanpa menghabiskan waktu untuk melakukan transit di kota-kota besar sebelum tiba di kota tujuan umrah.

“Penerbangan langsung memberikan manfaat berarti bagi jemaah umrah dan wisatawan, yang dapat menghemat waktu dan biaya perjalanan, sehingga mereka semakin fokus pada ibadah atau kegiatan wisata di destinasi tujuan,” jelas Danang dalam keterangan resminya, Senin (7/8/2023).

Adapun, penerbangan rute ini akan menggunakan armada pesawat modern yakni jenis Airbus 330-300, Airbus 330-900NEO dan Boeing 737. Sehingga perjalanan akan lebih aman dan menyenangkan bagi jemaah umrah.

Danang melanjutkan, adanya penerbangan langsung dari kedua wilayah akan membuka potensi pariwisata di Sumatera Utara dan juga Arab Saudi. Dia mengatakan, pembukaan rute ini dapat berimbas pada meningkatnya kunjungan wisatawan dari kedua wilayah.

“Kami optimistis ini akan memberikan dampak positif bagi ekonomi lokal, meningkatkan lapangan pekerjaan serta memajukan industri pariwisata secara keseluruhan,” lanjut Danang.

Dengan pembukaan rute baru ini, Lion Air turut berkontribusi terhadap kampanye Rethink Summer untuk menggugah kembali daya tarik pariwisata di Arab Saudi selama musim panas. Hal ini dilakukan menghadirkan berbagai destinasi wisata seperti Jeddah, Makkah, Madinah, Riyadh dan berbagai lokasi pemandangan alam yang memukau, seperti Gurun Rub' al Khali dan Pegunungan Al-Hijaz. 

Lebih lanjut, posisi Bandara Kualanamu sebagai gerbang utama untuk koneksi internasional di wilayah Sumatera Utara dapat meningkatkan kegiatan ekonomi. Pembukaan rute ini diharapkan dapat meningkatkan keterhubungan menuju berbagai destinasi di Arab Saudi, sehingga memungkinkan lebih banyak peluang bisnis dan kerja sama di berbagai sektor. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper