Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fakta-Fakta Proyek Jalan Tol Layang Kongsi Salim-Astra & ADHI

Konsorsium Grup Salim-Grup Astra dan Adhi Karya (ADHI) memenangkan tender Jalan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami. Berikut ini fakta-faktanya.
Simpang susun jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) seksi W1./Jasa Marga
Simpang susun jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) seksi W1./Jasa Marga

Bisnis.com, JAKARTA - Proyek jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Cikunir-Ulujami yang mengusung konsep elevated atau tol layang bakal segera dimulai pembangunannya setelah pemerintah menetapkan pemenang tender.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) resmi mengumumkan hasil Pelelangan Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) Jalan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami yang dimenangkan oleh konsorsium PT Marga Metro Nusantara, PT Adhi Karya (Persero) Tbk. (ADHI) dan PT Acset Indonesia Tbk. (ACST).

Melansir laman Simpul KPBU Kementerian PUPR, Minggu (6/8/2023), Jalan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami merupakan bagian dari jalan tol Jabodetabek yang berada di atas Jalan Tol JORR eksisting.

Berikut ini 4 fakta proyek Jalan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami:

1. Digagas konsorsium Salim-Astra-Adhi

Pembangunan Jalan Tol JORR Elevated Ruas Cikunir - Ulujami ini merupakan proyek yang diprakarsai oleh swasta atau unsolicited project. Pemrakarsa proyek ini adalah konsorsium PT Marga Metro Nusantara, PT Adhi Karya (Persero) Tbk. (ADHI), dan PT Acset Indonusa Tbk. (ACST).

Sebagai informasi, PT Marga Metro Nusantara merupakan anak usaha PT Nusantara Infrastructure Tbk. (META), emiten perusahaan tol milik grup Salim. Adapun, PT Acset Indonusa Tbk. (ACST) perusahaan konstruksi milik Grup Astra.

Kontraktor pelaksana dari Tol MBZ yakni PT Waskita Karya (Persero) Tbk. dan PT Acset Indonusa Tbk. dengan dana mencapai Rp16,23 triliun. Grup Salim kembali memercayakan konstruksi pembangunan untuk Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami kepada emiten kontraktor Astra, ACST. 

2. Investasi Triliunan Rupiah

Jalan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami merupakan bagian dari jaringan Tol Jabodetabek yang nantinya akan terbentang sepanjang 21,50 km. Proyek jalan tol baru ini akan dibangun di atas Tol JORR eksisting. 

Nantinya jalan tol tersebut akan memiliki lebar 3,5 meter dan rencana kecepatan laju kendaraan mencapai 80 km per jam. Total investasi untuk pembangunan proyek jalan tol ini sebesar Rp21,26 triliun.

3. Lokasi Jalan Tol

Titik awal jalan tol ini berlokasi di Jatiasih dan titik akhir di Persimpangan Ulujami. JORR Elevated akan tersambung dengan jaringan jalan Tol JORR yang diyakni dapat mengurangi beban tol eksisting tersebut karena telah melebihi kapasitas.

Diberitakan Bisnis sebelumnya, Direktur Utama Marga Utama Nusantara, Danni Hasan mengatakan Tol JORR dapat dilihar dari sifat jalan yang merupakan bypass

"Mulai di Ulujami dari tol kesatuan barat, selatan timur, awalnya JORR 1 kebon jeruk, disambung JORR 2 di situ Ulujami, di bawa ke atas, karena konsentrasi trafik di situ paling tinggi. Jorr 1 81.000 [kendaraan per hari], JORR 2 seluruhnya 100.000, bypass mestinya sampai Cikampek Elevated," kata Danni di Jakarta, Kamis (27/10/2022). 

4. Mirip Tol MBZ

Pembangunan tol elevated JORR ini serupa dengan Jalan Tol Syeikh Mohamed Bin Zayed (MBZ) yang akhir 2022 lalu di akuisisi oleh META. Tol MBZ merupakan tol layang terpanjang di Indonesia yang terbentang sepanjang 36,84 km. 

Jalan layang MBZ diklaim terbukti dapat mengurai volume lalu lintas dari Jakarta menuju Cikampek dan sebaliknya hingga 29 persen pada Jalan Tol Jakarta - Cikampek bawah sehingga dapat mengurai kepadatan yang berpotensi terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper