Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menteri ESDM Akhiri Polemik Larangan Impor Pasir Kuarsa

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengakhiri larangan ekspor pasir kuarsa, bahan baku sel panel surya, yang menjadi polemik.
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif di Kementerian ESDM, Jumat (4/8/2023)./ BISNIS - Lukman Nur Hakim
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif di Kementerian ESDM, Jumat (4/8/2023)./ BISNIS - Lukman Nur Hakim

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengakhiri larangan ekspor pasir kuarsa yang menjadi polemik beberapa waktu terakhir.

Pemerintah diketahui memang berencana melarang ekspor pasir kuarsa. Hal itu dilakukan guna meningkatkan nilai tambah bagi produksi hasil pasir kuarsa.

Menteri ESDM, Arifin Tasrif mengatakan bahwa rencana larangan tersebut masih menjadi wacana dan belum dilakukan pembahasan.

“Masih wacana itu, tapi kita melihat ketersediaan sumber potensi kita,” kata Arifin di Kementerian ESDM, Jumat (4/8/2023).

Arifin menyebut saat ini yang harus diperhatikan adalah menelisik potensi dari pasir kuarsa sebelum melakukan larangan ekspor.

Arifin mencontohkan bahwa potensi tersebut dapat dilihat berapa pasir kuarsa yang harus dipakai dalam membuatnya menjadi Solar PV.

“Kita itung misalnya untuk 1 M2 Solar PV memakai berapa kilo Silica (Pasir Kuarsa) sampe kemudian diconvert. Nah Indonesia kan tadi dibilang punya rencana sampe 2060 300-400 GW, nah cukup apa enggak,” ujarnya.

Namun, Arifin mengatakan bahwa saat ini yang harus dilakukan adalah membangun manufaktur pendukungnya untuk memproduksi pasir kuarsa menjadi barang jadi.

Lebih lanjut, Arifin menuturkan bahwa pemerintah juga harus mempertimbangkan berapa biaya yang perlu dikeluarkan guna mengubah pasir kuarsa jadi Solar PV.

“Tapi kan sekarang ini kita lihat juga pasir sekilo berapa? murah kan? kalau bikin Solar PV itu berapa?, mahal kan. Nah itu yang harus kita pertimbangkan ke depan,” ucapnya.

Sebelumnya, berdasarkan catatan Bisnis.com, Sabtu (22/7/2023), Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyebut pemerintah berencana memberlakukan larangan ekspor pasir kuarsa.

Dia menuturkan cadangan pasir kuarsa di Indonesia merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Rencana tersebut bertujuan agar pasir kuarsa memiliki nilai tambah.

“Terserah orang mau protes, masa negara kita tidak boleh maju,” kata Bahlil dalam konferensi pers, dikutip Sabtu (22/7/2023). 

Menurutnya, dengan mendorong hilirisasi pada komoditas pasir kuarsa Indonesia akan menjadi salah satu negara pemasok panel surya terbesar di dunia.

Adapun, pada Selasa (19/7/2023), Bahlil melakukan kunjungan ke fasilitas produksi Xinyi Group, salah satu perusahaan industri kaca dan solar panel, di Wuhu, China. 

Kunjungan ini merupakan tindak lanjut atas rencana investasi Xinyi Group di Kawasan Rempang Eco-City yang terletak di Batam, Kepulauan Riau. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukman Nur Hakim
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper