Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foxconn Bakal Bangun Pabrik Komponen Senilai Rp7,5 Triliun di India

Pabrik baru Foxconn di India ini akan memproduksi komponen-komponen Apple, termasuk untuk iPhone.
Pabrik iPhone terbesar di dunia di Kota Zhengzhou China milik Foxconn./Bloomberg
Pabrik iPhone terbesar di dunia di Kota Zhengzhou China milik Foxconn./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Produsen komponen asal Taiwan Foxconn Technology Group, membangun dua pabrik komponen di India senilai US$500 juta atau sekitar Rp7,5 triliun sebagai bagian dari diversifikasi dari China.

Melansir Bloomberg, Selasa (1/8/2023), sumber yang mengetahui rencana ini mengungkapkan salah satu pabrik akan dibangun di negara bagian Karnataka di Selatan India. Pabrik ini akan memproduksi komponen-komponen Apple, termasuk untuk iPhone.

Pengumuman resmi diperkirakan akan diumumkan paling cepat pekan ini dan lokasi pasti dari pabrik-pabrik baru ini masih belum diputuskan.

Secara terpisah, pemerintah negara bagian Tamil Nadu mengatakan Foxconn juga telah menandatangani perjanjian untuk mendirikan sebuah pabrik komponen dengan investasi 16 miliar rupee (US$195 juta). Proyek yang direncanakan di distrik Kancheepuram ini kemungkinan akan menciptakan sekitar 6.000 lapangan kerja.

Para pemasok Apple seperti Foxconn telah meningkatkan bisnis mereka di India selama beberapa tahun terakhir berkat insentif dari Perdana Menteri Narendra Modi untuk meningkatkan manufaktur lokal.

Negara bagian seperti Karnataka juga telah merayu perusahaan-perusahaan dengan proses perizinan yang cepat, pemangkasan birokrasi, dan subsidi.

Langkah Foxconn di India menyoroti bagaimana negara Asia Selatan ini dengan cepat menjadi tujuan populer bagi para produsen yang mencari alternatif selain China di tengah meningkatnya ketegangan antara Washington dan Beijing.

Hal ini juga merupakan hasil dari pergeseran dalam rantai pasokan global yang dipercepat selama pandemi Covid-19 dan perang Rusia-Ukraina, dan dapat membentuk kembali cara pembuatan barang elektronik.

Rencana pabrik komponen baru ini merupakan tambahan dari investasi Foxconn senilai US$700 juta untuk membangun sebuah pabrik di lahan seluas 300 hektar yang dekat dengan bandara di ibu kota Karnataka, Bengaluru. Pabrik ini akan merakit iPhone dan diperkirakan akan menciptakan sekitar 100.000 lapangan kerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper