Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Progres Konstruksi MRT Fase 2A Stasiun Thamrin & Monas Capai 60,02 Persen

Pembangunan Stasiun Thamrin dan Monas pada konstruksi fase 2A MRT Jakarta telah mencapai 60,08 persen hingga 25 Juli 2023.
Concrete track bed MRT Jakarta Fase 2/Dok. MRT Jakarta
Concrete track bed MRT Jakarta Fase 2/Dok. MRT Jakarta

Bisnis.com, JAKARTA – Pembangunan Stasiun Thamrin dan Monas pada konstruksi fase 2A MRT Jakarta telah mencapai 60,08 persen hingga 25 Juli 2023.

Dikutip dari laman resmi, Minggu (30/7/2023) pembangunan Stasiun Monas telah masuk ke tahap pekerjaan pengecoran lantai peron (platform slab) stasiun, pemasangan waler dan strutting sebagai persiapan area peluncuran (launching shaft) pekerjaan box jacking pembangunan entrance 1 Jalan Museum, pengecoran tower and backfill ventilation tower 2.

"Selain itu, backfill gardu induk, strut and waller serta galian ventilation tower 1, pemasangan saluran ventilasi dan jalur kabel stasiun dan gardu induk, pemasangan pipa suplai air, drainase, dan sistem pemadam kebakaran, juga tengah dilakukan," tulis MRT dalam laman resmi. 

Adapun untuk di Stasiun Thamrin, masuk dalam tahap pengerjaan penggalian dan pengecoran roof dan concourse slab stasiun, pemasangan waterproofing roof slab sisi selatan dan utara stasiun, pengecoran kolom sisi selatan stasiun, dan piling untuk stabling extension sisi utara stasiun.

Pada saat yang sama, MRT Jakarta juga tengah melakukan pemasangan temporary ring oleh TBM 1 di sisi utara Stasiun Monas. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari persiapan pengeboran terowongan southbound menuju Stasiun Harmoni. 

Sementara itu, mesin bor terowongan 2 (TBM-2) sedang melakukan pekerjaan pembangunan terowongan northbound dari sisi utara Stasiun Monas menuju Stasiun Harmoni dan telah berhasil membangun sepanjang sekitar 979,5 meter (653 ring).

Selanjutnya, pengerjaan segmen CP 202 atau Stasiun Harmoni—Sawah Besar—Mangga Besar telah mencapai 16,63 persen hingga 25 Juli 2023.

Progres pada proyek ini mencakup pekerjaan proteksi dan relokasi utilitas, konstruksi canal decking, test pit dan pembongkaran pile di area Stasiun Harmoni sisi Jalan Hayam Wuruk, persiapan manajemen rekayasa lalu lintas tahap 3, dan pekerjaan guide wall Stasiun Sawah Besar.

Adapun, progres pengerjaan segmen CP203 ataau Stasiun Glodok-Kota sudah mencapai 37,55 persen hingga 25 Juli 2023. Pekerjaan di Stasiun Glodok meliputi pekerjaan galian level platform/bottom slab, struktur bottom slab, dan grounding mat di area peron stasiun (platform). 

Pada Stasiun Kota, tengah dilakukan persiapan pekerjaan penggalian tanah untuk roof slab, pemasangan road decking, dan penanganan temuan terakota pipa air kuno tahap 2. Di luar pekerjaan structural stasiun, saat ini sedang dilakukan persiapan pengiriman TBM 1 untuk CP203.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper