Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jasa Marga Bidik Tol Probolinggo-Banyuwangi Tahap I Rampung 2024

Jasa Marga (JSMR) melaporkan bahwa progres pembebasan tanah untuk proyek jalan tol Probolinggo-Banyuwangi mencapai 86,27 persen.
Proyek Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi di Jawa Timur - Dok. Jasa Marga
Proyek Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi di Jawa Timur - Dok. Jasa Marga

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) melalui anak usahanya PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi (JPB) melaporkan bahwa pembebasan tanah untuk proyek jalan tol Probolinggo-Banyuwangi mencapai 86,27 persen.

Direktur Utama PT JPB, Adi Prasetyanto menjelaskan, porgres pembebasan lahan itu sendiri dibagi ke dalam 3 paket utama. Di mana, paket satu Gending hingga Kraksaan sepanjang 12,88 kilometer (Km) mencapai  92,57 persen, paket 2 Kraksaan sampai Paiton (11,20 Km) sebesar 82,77 persen dan Paket 3 Paiton sampai Besuki (25,60 Km) sebesar 84,44 persen.

Seiring dengan hal tersebut, Adi juga menjelaskan bahwa saat ini konstruksi Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Tahap I telah dijalankan sejak awal 2023.

"Progres konstruksi pun telah kami mulai sejak Februari 2023 lalu yang saat ini berjalan sesuai dengan jadwal pekerjaan yang telah disepakati. Secara keseluruhan progres konstruksi Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Tahap I Probolinggo-Besuki saat ini sebesar 2,53 persen,” kata Adi dalam keterangan tertulis, Jumat (28/7/2023).

Lebih lanjut Adi menambahkan, apabila progres pembebasan lahan berjalan sesuai dengan target, maka proses konstruksi tahap I ditargetkan akan rampung pada Agustus 2024 mendatang.

Secara lebih terperinci, pembangunan tahap I Probolinggo-Besuki nantinya akan memiliki tiga Gerbang Tol (GT), yaitu GT Kraksaan, GT Paiton, dan GT Besuki.

Selain itu, proyek pembangunan tahap I ini juga akan memiliki 3 buah simpang susun yaitu Simpang Susun (SS) Kraksaan, SS Paiton dan SS Besuki serta dilengkapi dengan 2 lokasi rest area yang terletak di Sta 33+65 di kedua arah, arah Probolinggo maupun arah Besuki. 

Untuk diketahui, Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi nantinya terbagi atas 7 Seksi yaitu Seksi 1 Probolinggo-Kraksaan (12,88 Km), Seksi 2 Kraksaan-Paiton (11,2 Km), Seksi 3 Paiton-Besuki (25,6 Km), Seksi 4 Besuki-Situbondo (42,3 Km), Seksi 5 Situbondo-Asembagus (16,76 Km).

Sementara itu dua seksi terakhir, yakni seksi 6 Asembagus-Bajulmati memiliki panjang ruas 37,45 Km. Sedangkan seksi 7 Bajulmati-Ketapang sepanjang 29,21 Km. 

Nantinya, Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Ruas Probolinggo-Besuki dapat memangkas waktu tempuh Probolinggo sampai Besuki yang semula sekitar 1 jam 15 menit menjadi 30 menit dengan kecepatan rata-rata 80-100 Km/jam.

Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi merupakan ruas pamungkas dari jaringan Jalan Tol Trans Jawa yang menghubungkan ujung barat hingga ujung timur pulau Jawa untuk meningkatkan konektivitas serta mempermudah mobilitas  orang, barang dan jasa.  

Jalan tol ini merupakan salah satu proyek strategis nasional yang dikelola oleh PT JPB selaku Badan Usaha Jalan Tol yang kepemilikan sahamnya dimiliki oleh Jasa Marga sebesar 94,93 persen, PT Brantas Abipraya (Persero) sebesar 5 persen dan PT Waskita Toll Road sebesar 0,07 persen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper