Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Transmart Blok M Square Tutup Permanen, Nasib Karyawan Bagaimana?

PT Trans Retail Indonesia (Transmart) merespons terkait nasib karyawan di Transmart Blok M Square yang telah tutup permanen.
Gerai Transmart tutup di lantai 2 Blok M Square, Jakarta, Senin (24/7/2023)/Bisnis-Ni Luh Angela
Gerai Transmart tutup di lantai 2 Blok M Square, Jakarta, Senin (24/7/2023)/Bisnis-Ni Luh Angela

Bisnis.com, JAKARTA - Transmart resmi menutup permanen gerainya di Blok M Square, Jakarta Selatan pada Maret 2023. Nasib karyawan yang sempat bekerja di sana pun dipertanyakan.

Vice President Corporate Communication PT Trans Retail Indonesia (Transmart) Satria Hamid menyampaikan, beberapa karyawan yang ada sudah dialihkan ke gerai-gerai Transmart yang masih aktif beroperasi.

“Terkait karyawan-karyawan di [Transmart] Blok M Square itu sudah ada beberapa karyawan yang kita masukan ke toko-toko kita yang lain,” kata Satria saat dihubungi, Senin (24/7/2023).

Karyawan-karyawan yang dialihkan tersebut, lanjut dia, sudah sesuai dengan kualifikasi dan kebutuhan pokok perusahaannya. Sementara itu, karyawan lainnya dilakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku. 

“Untuk karyawan yang lain juga sudah kita bayarkan hak-haknya sesuai peraturan yang berlaku, sesuai diskusi awal,” ujarnya. 

Menurut catatan Bisnis, Transmart sudah menutup sejumlah gerainya sejak 2019. Adapun, gerai-gerai yang tutup, antara lain Transmart Mangga Dua Square, Transmart ITC Kuningan, Transmart ITC Permata Hijau, Transmart ITC Cempaka Mas, Transmart Mal Ambasador, Transmart Tamini Square, dan Transmart Batam. 

Terbaru, Transmart menutup gerainya di lantai 2 Blok M Square pada Maret 2023, setelah sempat menutup gerainya di lantai 3 tahun lalu. 

Sebelum ditutup secara permanen, Satria mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai upaya dan melakukan banyak kegiatan strategis untuk penyegaran toko, seperti resizing, promo yang signifikan dan berkelanjutan, kerja sama dengan landlord untuk menciptakan traffic builder termasuk kerjasama dengan komunitas, dan lainnya. Selain itu, feedback analisa lebih lanjut yang mendalam baik terkait dengan perubahan perilaku customer yang mempengaruhi segmen pasar Transmart, utamanya di sekitar lokasi.

Kebijakan mereka untuk menutup toko juga merupakan salah satu strategi untuk tetap mampu menciptakan efisiensi di internal perusahaannya dan tidak membebankan manajemen. 

Meski beberapa gerainya ditutup, Transmart tetap berencana untuk membuka gerainya di sejumlah daerah. Namun, Satria belum bisa membocorkan kapan dan dimana gerai baru itu akan dibangun.

“Kita lihat kemungkinannya. Kalau memang bisa tahun ini, kita akan ngebut di semester II, tapi kalau nggak, di awal tahun depan,” pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper