Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Gerai Transmart yang Tutup, Terbaru di Blok M Square

Beberapa gerai Transmart milik konglomerat Chairul Tanjung tutup secara permanen, yang terbaru ada di Blok M Square.
Tempat kasir yang nampak kosong di gerai Transmart Blok M Square, Jakarta, Senin (30/1/2023) - BISNIS/NI Luh Angela.
Tempat kasir yang nampak kosong di gerai Transmart Blok M Square, Jakarta, Senin (30/1/2023) - BISNIS/NI Luh Angela.

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa gerai Transmart milik konglomerat Chairul Tanjung tutup secara permanen. Gerai terbaru yang tutup berlokasi di Blok M Square, Jakarta Selatan.

Kabar mengenai tutupnya gerai Transmart di Blok M Square juga viral di media sosial Twitter setelah diunggah oleh akun @dondihananto. Selain Transmart, dia menyebut hypermarket Lotte juga sudah menutup gerainya di Ratu Plaza.

"Transmart Blok M Square tutup Lotte Ratu Plaza udah duluan," tulis akun @dondihananto, Minggu (23/7/2023).

Sebelum tutup, gerai Transmart di Blok M Square berada di lantai 2 dan lantai 3. Namun, gerai yang ada di lantai 3 akhirnya ditutup sejak tahun lalu dan produk yang ada dipindahkan ke lantai 2. Namun, gerai di lantai 2 pun tutup sejak Februari 2023. 

Bisnis pun mendatangi langsung lokasi gerai Transmart di Blok M Square, Senin (24/7/2023). Berdasarkan penelusuran Bisnis, meski telah menutup gerainya, tulisan 'Transmart' masih bisa dijumpai di lantai 2 dan 3 Blok M Square. Di lantai 2, tampak spanduk-spanduk promosi masih terpampang di bekas gerai Transmart.

Spanduk tersebut tampaknya ada yang sudah terpasang sejak Maret 2022. Promo yang ditawarkan juga menarik perhatian. "Mulai 28 Maret 2022, clearance sale diskon s/d 50%" bunyi salah satu spanduk.

"Ada yang lebih murah kami ganti," bunyi penawaran lainnya.

Suasana berbeda cukup terasa di lantai 3. Gerai di lantai 3 sudah ditinggalkan setahun yang lalu. Bangunan tampak kosong dan gelap, tapi sisa-sisa peninggalan Transmart masih bisa di jumpai di sana.

Tampak bagian info pelanggan masih berdiri, meski atap di atasnya sudah mulai roboh. Lalu, bekas penawaran-penawaran yang sudah robek sebagian masih tertempel di tiang-tiang bangunan.

Pada akhir Januari 2023, Bisnis sempat berkunjung ke gerai Transmart yang ada di Blok M Square. Kala itu, suasana cukup sepi, bahkan kasir yang berjaga terpantau hanya 1 orang saja.

Ari, Seorang pedagang (39) di lantai 3 Blok M Square mengatakan bahwa Transmart sudah tutup sejak Februari 2023.

"Lantai 3 udah tutup dari setahun yang lalu, awal bulan Februari sudah tutup [lantai 2]," kata Ari kepada Bisnis, Senin (24/7/2023).

Ari mengungkapkan, sebelum ditutup, pengunjung di Transmart mulai berkurang, dan lama kelamaan menjadi sepi. Kemungkinan hal tersebut menjadi alasan tutupnya Transmart.

Sebelumnya, Vice President Corporate Communication Transmart, Satria Hamid, angkat bicara terkait penutupan gerai Transmart di lantai 3 Blok M Square.

Satria menuturkan, penutupan gerai di lantai tiga menjadi salah satu upaya mereka untuk mempertahankan sekaligus memperkuat gerai yang ada di Blok M Square.

Dengan melakukan resizing store, Transmart diharapkan tetap mampu memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat.

“Itu salah satu upaya strategi kita untuk juga menguatkan toko tersebut, jadi kita resizing store. Kami saat ini sedang melakukan efisiensi besar-besaran sehingga perusahaan ritel lokal ini dapat terus memberikan yang terbaik untuk masyarakat Indonesia,” kata Satria kepada Bisnis, Selasa (31/1/2023).

Satria mengungkapkan bahwa Transmart memiliki 95 gerai yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia. Dari jumlah tersebut, ada beberapa gerai yang tutup permanen. Setidaknya ada 7 gerai Transmart yang tutup permanen.

Sebelumnya, Transmart juga menutup gerainya yang berada di ITC Kuningan Jakarta Selatan. Gerai Transmart yang terletak di lantai basement 1 ini ternyata sudah tutup sejak 1 November 2022. Produk-produk hingga tulisan Transmart sudah tak tampak, hanya bangunan kosong yang siap dihuni. 

Berikut daftar gerai Transmart yang tutup:

1. Transmart di Mangga Dua Square, Jakarta Utara

2. Transmart ITC Kuningan, Jakarta Selatan

3. Transmart ITC Permata Hijau, Jakarta Selatan

4. Transmart ITC Cempaka Mas, Jakarta Pusat

5. Transmart Mal Ambasador, Jakarta Selatan

6. Transmart Tamini Square, Jakarta Timur

7. Transmart Kepri Mall, Batam

8. Transmart Blok M Square, Jakarta Selatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper