Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenhub Beberkan Update Proyek Jalur Kereta Api di IKN

Kemenhub menyatakan bahwa pembangunan jalur kereta api di IKN menjadi salah satu prioritas kegiatan pada 2024.
Pembangunan IKN Nusantara/Istimewa
Pembangunan IKN Nusantara/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyampaikan perkembangan terbaru terkait rencana pembangunan jalur kereta api (KA) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Risal Wasal, menjelaskan pembangunan jalur kereta api di kawasan IKN dan sekitarnya menjadi salah satu prioritas kegiatan pada 2024. Dia mengatakan, pihaknya memiliki 3 proyek perkeretaapian untuk mendukung IKN pada 2024. 

Secara rinci, Risal memaparkan Kemenhub akan memulai studi analisis dampak lingkungan (amdal) untuk jalur Kereta Bandara Sultan Aji Muhammad di Sepinggan, Balikpapan menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintah (KIPP) IKN. Kemudian, kajian studi amdal juga akan dikerjakan pada jalur kereta api perkotaan Balikpapan ke KIPP IKN. 

"Kami juga akan melakukan survei investigasi dasar (SID) untuk kereta antar kota Trans Kalimantan dan Kalimantan Timur,” kata Risal dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi V DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (5/7/2023).

Risal mengatakan Ditjen Perkeretaapian mengajukan usulan anggaran 2024 sebesar Rp9,68 triliun. Dia menuturkan, dana tersebut akan digunakan di antaranya untuk belanja pegawai sebesar Rp141,5 miliar dan belanja barang operasional sebesar Rp105,8 miliar. 

Kemudian, anggaran untuk belanja barang nonoperasional diusulkan sebesar Rp2,92 triliun yang terdiri atas belanja barang operasional sebesar Rp105,82 miliar, belanja barang badan layanan umum (BLU) sebesar Rp45,85 miliar, serta belanja barang non operasional sebesar Rp2,77 triliun. 

Risal memaparkan belanja barang nonoperasional meliputi Infrastructure, Maintenance, & Operation (IMO), kegiatan perawatan prasarana kereta api, pembayaran availability payment untuk kereta Makassar–Parepare, dukungan terhadap IKN, dan subsidi kereta api perintis dan program mudik motor gratis (Motis) pada masa angkutan Lebaran. 

Selanjutnya, belanja nonoperasional juga mencakup pemenuhan readiness criteria, penguatan fungsi regulator, serta kegiatan operasional, pelayanan dan perawatan.

Sementara itu, total usulan anggaran belanja modal Ditjen Perkeretaapian adalah sebesar Rp6,31 triliun 

Sebelumnya, Kemenhub menyebutkan pembangunan jalur kereta api (KA) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang digarap mulai 2025.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Ditjen Perkeretaapian Kemenhub, Djarot Tri Wardhono, mengatakan jalur kereta api tersebut akan melalui Balikpapan menuju kawasan inti perkotaan di IKN. Kemenhub juga tengah mengkaji karakteristik dari lahan yang akan dilalui oleh jalur kereta.

"Proyeksi [pembangunan kereta] untuk di IKN masih di atas tahun 2025," kata Djarot. 

Dia menambahkan trase jalur KA tersebut akan mengikuti jalan tol yang dibangun Kementerian PUPR di IKN Nusantara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper