Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementerian PUPR Genjot Kompetensi Jasa Konstruksi Nasional

Kementerian PUPR berupaya meningkatkan kompetensi jasa konstruksi di Indonesia.
Kegiatan Lomba Tenaga Kerja Konstruksi./ Dok PUPR
Kegiatan Lomba Tenaga Kerja Konstruksi./ Dok PUPR

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berupaya meningkatkan kompetensi jasa konstruksi di Indonesia.

Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR Rachman Arief Dienaputra mengatakan pihaknya sebagai pembina jasa konstruksi telah berupaya keras untuk melakukan pembinaan terhadap masyarakat jasa konstruksi.

Selain itu, Kementerian PUPR memiliki program-program yang bermanfaat bagi kompetensi para tenaga kerja konstruksi Indonesia.

"Tenaga kerja konstruksi harus memiliki sertifikat konstruksi terampil sesuai dengan Undang-Undang No. 2/2017, sehingga wajib memiliki sertifikasi atau pelatihan di bidang jasa konstruksi untuk mutu pekerjaan dan keandalan," katanya dalam siaran pers, Sabtu (24/6/2023).

Menurutnya, makin meningkatnya nilai investasi sektor konstruksi dari tahun ke tahun di Indonesia, maka kebutuhan tenaga kerja konstruksi yang kompeten dan andal juga akan semakin besar yang akhirnya akan meningkatkan produktivitas nasional.

Dia menuturkan kegiatan Lomba Tenaga Kerja Konstruksi, di Jogja Expo Center merupakan rangkaian dari kegiatan Konstruksi Indonesia 2023 yang puncaknya akan dilaksanakan pada 1 - 3 November di Jakarta Internasional Expo (JIEXPO) Jakarta

Arief menambahkan kegiatan lomba ini untuk memberikan apresiasi terhadap tenaga kerja yang berprestasi dan memotivasi tenaga kerja untuk senantiasa meningkatkan kompetensi dalam pembangunan infrastruktur nasional.

“Persaingan dalam perlombaan ini juga akan berdampak pada meningkatnya skill kompetensi bagi pekerja konstruksi agar dapat memenuhi standar yang dibutuhkan oleh beberapa industri,” ujarnya.

Tujuan diselenggarakannya lomba tenaga kerja Konstruksi tersebut adalah dalam upaya meningkatkan kompetensi dan daya saing tenaga kerja konstruksi.

Kegiatan lomba tenaga kerja konstruksi diikuti 5 provinsi di Indonesia yakni; Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Barat, dan Provinsi Bali.

Pelaksanaan kegiatan lomba tersebut di fasilitasi oleh Balai Jasa Konstruksi Wilayah Direktorat Jenderal Bina Konstruksi.

Adapun bidang yang dilombakan para tenaga kerja konstruksi adalah dengan kategori individu pembangunan rumah ini diantaranya; PL Gedung, Supervisor K3 Konstruksi, Tukang Pasang Bata, Tukang Pasang Keramik, Tukang Pasang Plumbing, Tukang Pasang Baja Ringan, Tukang Cat, selanjutnya pada kategori individu antara lain; Juru Gambar Building Information Modelling (BIM), Operator Excavator, ada juga kategori beregu; Rumah Mini, Surveyor/Juru Ukur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper