Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

FIABCI Jadi Kendaraan Promosi IKN ke Investor Global

FIABCI merupakan wahana berjejaring para pebisnis sektor real estat dunia yang cukup bergengsi dapat menjadi jalur Indonesia untuk mempromosikan IKN.
Managing Director Ciputra Group Budiarsa Sastrawinata (tengah) sekaligus World President FIABCI periode 2023/2024 berfoto bersama delegasi Indonesia dalam 73rd FIABCI World Real Estate Congres di Miami, Florida, AS, Selasa (6/6) waktu setempat/FIABCI Indonesia
Managing Director Ciputra Group Budiarsa Sastrawinata (tengah) sekaligus World President FIABCI periode 2023/2024 berfoto bersama delegasi Indonesia dalam 73rd FIABCI World Real Estate Congres di Miami, Florida, AS, Selasa (6/6) waktu setempat/FIABCI Indonesia

Bisnis.com, MIAMI - Jalur Indonesia untuk mempromosikan proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ke investor asing kian bercabang. Salah satunya melalui International Real Estate Federation (Federation Internationale des Administrateurs de Biens Conseils Immobiliers/FIABCI) yang merupakan rumah bagi pelaku industri real estat dunia.

Kendati organisasi tersebut berstatus nonprofit dan nonpemerintah, FIABCI merupakan wahana berjejaring para pebisnis sektor real estat dunia yang cukup bergengsi. Apalagi, sejumlah tokoh real estat Tanah Air kini mengisi posisi kunci di FIABCI.

Contohnya, Managing Director Ciputra Group Budiarsa Sastrawinata yang bakal dilantik menjadi World President FIABCI periode 2023/2024 dalam rangkaian 73rd FIABCI World Real Estate Congres di Miami, Florida, AS, 5-9 Juni 2023. Faktanya, Budiarsa merupakan Ketua Kelompok Kerja IKN Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.

Dalam perbincangan dengan Bisnis, Budiarsa mengatakan, pengembangan kota baru, seperti IKN, selalu menjadi kesempatan yang akan dilihat oleh para pebisnis. Apalagi, kota baru tersebut didukung penuh oleh pemerintah.

Menurutnya, minat investor juga terus menguat seiring dengan kehadiran berbagai payung hukum. Jika ditelusuri, pada Maret lalu, pemerintah merilis Peraturan Pemerintah (PP) No.12/2023 tentang Pemberian Perizinan Berusaha, Kemudahan Berusaha, Dan Fasilitas Penanaman Modal Bagi Pelaku Usaha di Ibu Kota Nusantara.

Ada pula PP No. 27/2023 tentang Kewenangan Khusus Otorita Ibu Kota Nusantara yang diundangkan pada 15 Mei 2023. Dalam beleid itu, klausul penting ada pada kewenangan pimpinan tertinggi IKN Nusantara terhadap pemberian izin investasi, termasuk mekanisme Online Single Submission (OSS) Risk Based Approach (RBA) alias perizinan berbasis risiko.

Budiarsa mengatakan, status IKN yang dibangun menjadi kota administrasi sekaligus kota ekonomi, menambah lebar potensi masuknya investor.

“Kebetulan saya sekarang menjadi World President FIABCI itu nilai plus, karena tugas saya sebagai ketua Pokja IKN bisa saya salurkan juga,” ujarnya.

Tokoh properti Indonesia lainnya yang kini juga memegang jabatan penting di FIABCI adalah Rusmin Lawin, Wakil Ketua Umum Bidang Hubungan Luar Negeri Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI). Saat ini, Rusmin merupakan President of Asia-Pacific Region FIABCI sekaligus Board of Directors FIABCI bersama dengan Budiarsa Sastrawinata dan Soelaeman Soemawinata (Elected Board Member FIABCI-Indonesia).

Rusmin Lawin yang saat ini juga menjabat sebagai Utusan Khusus Koordinator Investor Luar Negeri Otorita IKN berharap keterlibatan dalam berbagai organisasi dunia dapat membawa dampak positif dalam pengembangan IKN.

“Keterpilihan Pak Budiarsa sebagai World President FIABCI misalnya, bisa merepresentasikan bahwa Indonesia ini exist di dunia. Indonesia punya potensi luar biasa, terlebih pasar properti Indonesia cukup tergolong besar di Asia,” ujarnya di sela-sela 73rd FIABCI World Real Estate Congres di Miami, Florida, AS, Selasa (6/6) waktu setempat.

Dia mengeklaim minat investor global masuk ke IKN terus bertumbuh. Upaya promosi, katanya, harus terus dilakukan seiring dengan kehadiran dan sosialisasi peraturan maupun kebijakan baru lainnya.

Mengacu pada data Otorita IKN, hingga Mei 2023 sedikitnya sudah ada 220 letter of intent (LoI) dari calon investor.

Upaya menjaring investor memang terus dilakukan pemerintah. Dalam ajang Ecosperity Week 2023 yang digelar di Sands Expo and Convention Center, Singapura, Rabu (7/6/2023), Presiden Joko Widodo mengajak para investor Singapura menanamkan modalnya di proyek IKN Nusantara. Jokowi menegaskan bahwa Nusantara merupakan tempat yang nyaman, baik untuk berbisnis maupun sebagai tempat tinggal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper