Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Festival Pesona KLHK: Membangun Perhutanan Sosial yang Produktif dan Berkelanjutan

Festival Pesona 2023 diselenggarakan dengan berbagai rangkaian kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produk kehutanan sosial.
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengunjungi booth APP Sinar Mas/ Istimewa
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengunjungi booth APP Sinar Mas/ Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggelar Festival Pesona (Perhutanan Sosial Nasional) 2023 sebagai bagian dari peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Festival Pesona yang berlangsung selama 3 hari dari tanggal 5 hingga 7 Juni 2023 ini mencerminkan komitmen KLHK dalam mendukung kerangka perhutanan sosial yang produktif dan berkelanjutan.

Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan bahwa Festival Pesona ini juga menjadi bagian penting dalam Perhutanan Sosial.

“Ini membuktikan bahwa Perhutanan Sosial dibangun untuk keberpihakan pada masyarakat atau small holders, memperhatikan dan menerapkan prinsip-prinsip kelestarian lingkungan serta membangun produktivitas dan memberikan kesejahteraan kepada masyarakat,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (6/6/2023).

Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan hal itu ketika memberikan sambutan pada acara pemberian penghargaan Kalpataru (5/6), yang merupakan rangkaian acara peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Festival Pesona 2023 diselenggarakan dengan berbagai rangkaian kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produk kehutanan sosial, serta memperluas akses pasar melalui kerja sama antara Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) dan mitra usaha resmi pemerintah.

Wakil Menteri LHK Alue Dohong menambahkan bahwa KUPS yang mengelola sumber daya hutan harus berorientasi pada bisnis dan bukan sekadar sosial.

"KUPS yang mengelola sumber daya hutan harus berorientasi pada bisnis tak sekadar sosial, dan harus menciptakan nilai ekonomi di dalamnya," paparnya.

Dalam rangkaian festival ini, APP Sinar Mas, salah satu mitra pemerintah, turut berpartisipasi dalam pameran produk hutan sosial. APP Sinar Mas menampilkan beragam produk dari petani binaan unit usaha dan mitra pemasoknya dari berbagai daerah, melalui program Desa Makmur Peduli Api (DMPA).

Program DMPA merupakan inisiatif APP Sinar Mas untuk memperkuat kesejahteraan masyarakat sekitar hutan, serta memitigasi dampak perubahan iklim, salah satunya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Hingga Januari 2023, program DMPA telah menjangkau 421 Desa yang tersebar di Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur.

Selain itu, program ini telah berhasil melibatkan 223 BumDes, 9 Koperasi, 189 Gapoktan, dan 135 Kelompok Wanita Tani (KWT). Serta penerima manfaat dari program ini telah mencapai lebih dari 85.000 orang.

Direktur APP Sinar Mas Suhendra Wiriadinata mengatakan bahwa Program DMPA adalah implementasi dari komitmen kami dalam mendukung visi pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan.

“Hal ini juga sejalan dengan Sustainability Roadmap Vision [SRV] 2030 yang telah kami canangkan. Melalui program ini, kami juga berfokus pada pencegahan karhutla sebagai upaya memitigasi dampak perubahan iklim," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper