Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perempuan Kuat, Bisnis Sukses: APP Sinar Mas dan Mitra Gelar Program Inkubasi Bisnis dengan Dampak Nyata

Fokus program Inkubasi Bisnis ialah pemberdayaan sumber daya manusia, terutama perempuan, dengan tujuan menjadikan mereka pengusaha yang mandiri.
Pelaku UMKM mendapatkan pelatihan pada Program Inkubasi Bisnis Batch 2 dari APP Sinar Mas/ Istimewa
Pelaku UMKM mendapatkan pelatihan pada Program Inkubasi Bisnis Batch 2 dari APP Sinar Mas/ Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Guna memperkuat pemberdayaan perempuan, APP Sinar Mas menyelenggarakan program Inkubasi Bisnis Batch 2 sesi ke-4 dengan metode hybrid, pada 20-22 Juni 2023 di Perawang, Kabupaten Siak, Riau.

Program  inkubasi bisnis ini merupakan kerja sama antara APP Sinar Mas dan Yayasan Doktor Sjahrir (YDS)- Womanpreneur Community (WPC) yang bertujuan memajukan UMKM binaan APP Sinar Mas dan memberdayakan perempuan di sekitar area operasional APP Sinar Mas dan pemasoknya.

Hal ini sesuai dengan visi keberlanjutan APP yaitu Sustainability Roadmap Vision 2030 (SRV 2030) yang di dalamnya terdapat pilar ke-3 yaitu pilar Sumber Daya Manusia dengan salah satu targetnya adalah pemberdayaan perempuan di sekitar areal operasional APP Sinar Mas dan pemasoknya.

Program Inkubasi Bisnis merupakan bentuk kontribusi APP dalam upaya pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Fokus program ini ialah pemberdayaan sumber daya manusia, terutama perempuan, dengan tujuan menjadikan mereka pengusaha yang mandiri.

Melalui Inkubasi Bisnis Batch 2, peserta mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dasar dalam proses produksi, pengembangan dan diversifikasi produk, manajemen, penguatan kelompok, literasi keuangan, dan pemasaran hasil.

Sera Noviany, ESG & Compliance Head APP Sinar Mas mengatakan APP Sinar Mas sangat antusias menyelenggarakan kegiatan inkubasi bisnis yang akan berlangsung selama 3 bulan.

“Kami mengharapkan peserta UMKM tetap semangat dan berkomitmen dalam mengikuti program ini, karena ini adalah kesempatan berharga bagi UMKM untuk mengembangkan usaha ke depan,” katanya dalam keterangan resmi, Rabu (21/6/2023).

Sera berharap pelaku UMKM mendapatkan tambahan pengetahuan dari materi yang disampaikan agar dapat diterapkan dan dikembangkan sehingga berdampak nyata bagi usaha.

Dia menuturkan dalam menjalankan bisnis, APP Sinar Mas selalu berupaya untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat sekitar termasuk pelaku UMKM.

 “Saya percaya, perempuan kuat akan menghasilkan bisnis yang sukses dan  memberikan dampak bagi keluarga dan lingkungan yang lebih luas. Program Inkubasi ini merupakan kesempatan berharga, dan kami berharap peserta benar-benar memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya," katanya.

Pelatihan Bagi 50 Pelaku UMKM

Pada program Inkubasi Bisnis Batch 2 terdapat 50 pelaku UMKM binaan dari pabrik dan program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) yang berasal dari wilayah Provinsi Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Banten, Jawa Barat & Jawa Timur. Kegiatan dilaksanakan secara daring dan luring guna memberikan pemahaman yang kuat kepada para peserta.

Direktur PT Indah Kiat Pulp And Paper (IKPP) Perawang Mills, Hasanudin The mengatakan bonus demografi yang saat ini mendorong kita untuk mengoptimalkan lapangan kerja melalui sektor UMKM. Pada era industri 4.0, UMKM harus dapat menyesuaikan diri dan menguasai teknologi agar usaha mereka dapat tetap eksis dan kompetitif.

“Oleh karena itu, saya mengajak peserta program untuk mengikutinya dengan sungguh-sungguh. Program Inkubasi Bisnis akan memberikan peluang besar bagi mereka untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan perkembangan teknologi saat ini," katanya.

Sebagai informasi, selama masa bimbingan, berlangsung dari Mei – Agustus 2023,  para pembimbing/ lokakarya (LO) akan menilai partisipasi peserta berdasarkan beberapa parameter, antara lain tingkat keaktifan dalam diskusi dan bimbingan, disiplin, ketekunan, respon terhadap masukan dan kritik, serta progres yang dicapai.

Diharapkan melalui program ini, pelaku UMKM yang telah menerima pengetahuan dan keterampilan akan menjadi percontohan dalam meningkatkan pendapatan keluarga, mendorong pertumbuhan lebih banyak UMKM, serta merekrut tenaga kerja di sekitarnya untuk mendorong perekonomian daerah.

CEO dan Founder Womanpreneur Community, Irma Sustika mengatakan inisiatif inkubasi telah dimulai sejak 2010 dengan pendampingan intensif dari tim WPC.

Program ini merupakan kesempatan yang bagus yang diberikan APP Sinar Mas bagi pelaku UMKM. Peserta harus lebih proaktif, karena yang membutuhkan pengembangan usaha  adalah peserta.

"Terima kasih kepada APP Sinar Mas yang telah memfasilitasi program ini dan kesempatan peluang untuk mengembangkan usaha sangat besar. Para pendamping, dulu juga merupakan peserta inkubasi dan usaha mereka telah berkembang jauh. Kami berharap peserta Inkubasi Bisnis Batch 2 dapat mengikuti jejak kesuksesan mereka," katanya.

Irma menegaskan bisnis yang dibangun hendaknya menciptakan dampak pada lingkungan sekitar.  Menurutnya, bisnis yang dibangun harus memiliki makna atau arti, bukan hanya sekadar menghasilkan uang.

“Mari kita menjadikan bisnis sebagai sarana untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar kita," pungkas Irma. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper