Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menengok Tranformasi Digital APP Sinar Mas

Sejak 25 tahun lalu, APP Sinar Mas telah menerapkan berbagai solusi digital dalam berbagai kegiatan operasional.
Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas melakukan kerja sama dengan berbagai perusahaan teknologi guna meningkatkan kualitas produk, serta menerapkan upaya bisnis berkelanjutan./APP Sinar Mas
Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas melakukan kerja sama dengan berbagai perusahaan teknologi guna meningkatkan kualitas produk, serta menerapkan upaya bisnis berkelanjutan./APP Sinar Mas

Bisnis.com, JAKARTA- Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas melakukan kerja sama dengan berbagai perusahaan teknologi guna meningkatkan kualitas produk, serta menerapkan upaya bisnis berkelanjutan. 

Transformasi digital telah dilakukan APP Sinar Mas sejak 25 tahun silam. Salah satu langkah itu adalah menggandeng perusahaan-perusahaan teknologi terkemuka di dunia.

Head of Automation APP Sinar Mas Alfian Lim menjelaskan bahwa penerapan digitalisasi pada proses bisnis APP Sinar Mas dimulai sejak akhir 1990-an, karena menyadari potensi besar teknologi digital dalam meningkatkan kepuasan pelanggan, efisiensi dan produktivitas.

“Penggunaan teknologi digital ketika itu kami harapkan dapat mempercepat waktu produksi, meningkatkan efisiensi di berbagai area operasional, serta memperbaiki kualitas produk dengan menggunakan kemampuan analisa real-time data yang memberikan manfaat deteksi dan penyelesaian masalah yang lebih cepat," ungkapnya dikutip dari siaran pers, Jumat (14/4/2023).

Proses digitalisasi yang berlangsung selama ini juga membantu APP SInar Mas memenuhi tuntutan pasar yang semakin kompleks, meningkatkan daya saing perusahaan di pasar global, dan menjadikan APP sebagai produsen kertas kelas dunia.

Perjalanan APP Sinar Mas dalam menjalani transformasi digital dimulai dengan menggandeng salah satu Perusahaan perangkat lunak SAP Indonesia sejak 1996. Ketika itu, APP Sinar Mas memutuskan untuk menggunakan solusi ERP dan CRM yang terbaru dari SAP, serta melakukan investasi pada peningkatan infrastruktur teknologinya. 

Solusi digital itu mulai diaktivasi sejak 1999 serta terus dikembangkan dan diperluas hingga beberapa perusahaan dalam pilar bisnis Sinar Mas lainnya.

Bertujuan untuk terus berinovasi dalam mentransformasikan perusahaan secara digital, APP Sinar Mas kemudian menjalankan proyek Garuda+ yang telah dimulai sejak November 2021.

Proyek transformasi digital ini bertujuan untuk menyelaraskan proses bisnis, sumber daya manusia (SDM), dan teknologi digital. Diharapkan penerapan teknologi dengan optimal melalui Garuda+ dapat membuat APP Sinar Mas menuju Industri 4.0 dan menjadi bisnis yang berkelanjutan dan semakin efisien.

Andreas Diantoro, Managing Director SAP Indonesia menjelaskan bahwa selama lebih dari dua dekade, APP Sinar Mas menggunakan berbagai solusi tambahan dari SAP untuk memperkuat operasional bisnisnya.

“Dengan dukungan dari solusi SAP yang inovatif, APP Sinar Mas siap untuk terus berinovasi di era industri 4.0 dan tumbuh menjadi perusahaan yang lebih bersaing dan siap menghadapi tantangan global di masa depan,” ungkapnya.

Lebih jauh Andreas mengungkapkan penerapan solusi digital dari SAP yang diterapkan di APP Sinar Mas dapat menghadirkan efisiensi operasional, meningkatkan transparansi, dan meningkatkan kepuasan pelanggan di tengah berbagai kemajuan teknologi dan kebutuhan akan sistem yang semakin kompleks.

"Dalam perjalanan transformasi digital untuk menjadi bisnis yang tangguh dan berkelanjutan, SAP Indonesia telah mendukung APP Sinar Mas selama lebih dari 25 tahun dan akan senantiasa mendukung dalam perjalanannya,” tambah Andreas.

Transformasi digital yang dilakukan APP Sinar Mas ini berhasil mengoptimalkan cara kerja seluruh lini perusahaan sehingga seluruh sumber daya manusia (SDM) yang menjadi kunci utama siap dalam menghadapi perubahan pasar. Tak hanya melalui kolaborasi mutual dengan SAP Indonesia, transformasi digital APP Sinar Mas juga turut menggandeng Perusahaan perangkat lunak (software) terkemuka Eropa, Tietoevry melalui program TIPS Industry Solution and Services, yang juga terintegrasi dengan SAP.

Sistem TIPS mendigitalisasi dan mengotomatisasi proses bisnis APP Sinar Mas di area produksi, saat  bersamaan juga meningkatkan kemampuan internal untuk terus beradaptasi dengan cepat (agile). Solusi yang ditawarkan Tietoevry, memberikan data real-time dan transparan untuk seluruh lini operasional pabrik, meningkatkan efisiensi, kualitas produk dan keberlanjutan.

Proses digitalisasi ini juga meningkatkan pengalaman dan kepuasan pelanggan, serta memungkinkan model bisnis yang baru. Kolaborasi APP Sinar Mas dan Tietoevry ini termasuk didalamnya adalah penyusunan MES (Manufacturing Execution System) yang penting bagi bisnis.

Dengan komitmen menuju Industri 4.0 ini, APP Sinar Mas menjadi bagian dari Pavillion Indonesia bersama Asosiasi Pulp & Kertas Indonesia (APKI) pada Hannover Messe 2023 (17-19 April 2023). Hannover Messe adalah salah satu pameran perdagangan terbesar di dunia, yang didedikasikan untuk topik pengembangan industri.

Pada penyelenggaraan di tahun ini, Indonesia menjadi Partner Country, dan akan menampilkan sejumlah teknologi industri terbaru dan peluang investasi di sektor industri. Hal ini menjadi kesempatan APP Sinar Mas menunjukan kapasitas dan kapabilitas sektor Industri Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper