Gubernur Bali Incar Kenaikan Wisatawan Hingga 2 Kali Lipat

Kunjungan wisatawan mancanegara atau wisman di Bali sepanjang 2022 tembus 2,3 juta orang.
Pesawat Emirates A380 dari Dubai, mendarat di Bali/Novita Sari Simamora
Pesawat Emirates A380 dari Dubai, mendarat di Bali/Novita Sari Simamora

Bisnis.com, TUBAN - Gubernur Bali Wayan Koster mengincar jumlah kenaikan wisatawan hingga 2 kali lipat pada akhir 2023 atau menjadi 5 juta wisawatan, seiring membaiknya ekonomi lokal setelah pandemi Covid-19.

Dalam catatan Bisnis, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara atau wisman di Bali sepanjang 2022 tembus 2,3 juta orang. Angka ini tinggi dari target yang dipatok pemerintah yakni 1,5 juta orang. Wayan optimistis jumlah wisatawan bisa naik 2 kali lipat.

"Sejak dibukanya penerbangan interasional ke Bali tahun lalu, ada peningkatan jumlah kunjungan wisatwan mancanegara ke bali, yang cukup signifikan peningkatannya. Target 5 juta sampai Desember 2023 bisa tercapai," ungkapnya di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Kamis (1/6/2023).

Apalagi dengan bertambahnya penerbangan Dubai-Bali dari Emirates A380, katanya, bisa menambah jumlah kunjungan ke Bali. Dia mengungkapkan Emirates memiliki kontribusi bagi kunjungan pariwisata Bali dan menggerakan sektor pariwisata Bali.

Namun, Wayan Koster juga menegaskan bahwa wisatawan yang datang ke Bali juga bisa menjaga dan menghormati nilai budaya adat yang telah dijaga selama ini.

"Saya apresiasi manajemen Emirates yang telah mengambil keputusan menambah penerbangan dengan menerbangkan pesawat berbadan lebar yaitu Airbus A380 ke Bali, pertama di Indonesia dan pertama untuk Bali," katanya.

Ini menunjukan kepercayaan menejemen Emirates terhadap sektor pariwisata di Bali sebagai pasar potensial untuk dipasarkan ke seluruh pelanggan emirates. Dia juga berharap agar maskapai lain juga bisa menerbangkan airbus di Bali, untuk mempercepat pemulihan pariwisata.

Pesawat Airbus Emirates A380

Dalam kesempatan yang sama, Senior Vice President, Commercial Operations, Far East Emirates Orhan Abbas mengaku bahagia karena pesawat airbus A380 Emirates sudah tiba di Bali. Dia menuturkan bahwa ini merupakan hasil kerja seluruh tim selama berbulan-bulan.

"Awal beroperasinya A380 di Indonesia juga memaknai perpanjangan komitmen kami pada pasar Indonesia, serta pembuktian kerja sama yang semakin kuat dengan otoritas bandara I Gusti Ngurah Rai dan pemerintah lokal," ungkap Orhan Abbas.

Dia mengklaim bahwa Emirates juga siap melayani para pelanggan yang terbang dari dan ke Denpasar menggunakan Emirates A380, sekaligus merespons tingginya permintaan perjalanan internasional dengan pesawat Superjumbo menjadi salah satu dari dua layanan harian ke pulau Bali.

Mohammad Al Attar, Emirates Country Manager untuk Indonesia, menyampaikan penerbangan pesawat A380 dari Dubai ke Denpasar akan memberikan kontribusi signifikan dalam melayani peningkatan permintaan pelanggan. Dia mengaku senang karena dapat mencapai tonggak sejarah ini yang akan memperkuat operasi kami di Indonesia, serta rencana komersial di masa depan untuk pasar Indonesia.

Pesawat dengan nomor penerbangan EK368 ini berangkat dari Dubai pada pukul 03:20 waktu setempat dan tiba di Bali pada pukul 16:35 WITA. Pesawat A380 dengan penerbangan EK369 dijadwalkan berangkat pada pukul 19:40 WITA dan tiba di Dubai pada pukul 00:45 waktu setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper