Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Proyek MRT Bongkar 4 JPO, Harmoni hingga Sawah Besar Kena Dampak

Proyek MRT Jakarta Fase 2A bakal bongkar 4 JPO, sehingga kawasan Harmoni hingga Sawah Besar bakal terkena dampak.
Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) melintas di Stasiun Asean, Jakarta, Minggu (4/12/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) melintas di Stasiun Asean, Jakarta, Minggu (4/12/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - PT MRT Jakarta (Perseroda) mulai membongkar jembatan penyeberangan orang (JPO) di kawasan Harmoni sampai Sawah Besar pada 19 Mei 2023 hingga 31 Mei 2023, dampak pengerjaan konstruksi MRT Jakarta Fase 2A Paket CP202.

Sekretaris Perusahaan PT MRT Jakarta (Perseroda) Ahmad Pratomo menjelaskan bahwa pihaknya bersama Shimizu-Adhi Karya Joint Venture (SAJV) selaku kontraktor pelaksana telah menyusun metode pekerjaan yang dinilai paling efektif, baik dari sisi teknis, keamanan dan keselamatan kerja, serta kepentingan publik.

Antara lain, pembongkaran JPO Harmoni di depan Duta Merlin, JPO Harmoni di depan Bapeten, JPO Sawah Besar, dan JPO Mangga Besar akan dilaksanakan antara pukul 22.00–04.00 WIB sesuai dengan jadwal pelaksanaan di setiap lokasi JPO.

"Demi menunjang penyelenggaraan pembongkaran JPO tersebut, akan dilakukan manajemen rekayasa lalu lintas, yang telah dikoordinasikan dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Ditlantas Polda Metro Jaya," ujarnya dalam pengumuman resmi, Jumat (19/5/2023).

Periode pembongkaran pertama berada di JPO Harmoni 1 sisi Jalan Hayam Wuruk, pada 19–20 Mei 2023. Selama pekerjaan berlangsung, semua lajur kendaraan Jl. Hayam Wuruk dari persimpangan Sukarjo Wiryopranoto sampai Istana Harmoni akan ditutup untuk umum.

Selama periode ini, pengendara dari arah Kota yang akan ke arah Harmoni dialihkan ke Jl. Sukarjo Wiryopranoto dan Jl. Pecenongan, kemudian menuju perempatan Harmoni melalui Jl. Ir. H. Juanda.

Berikutnya, JPO Harmoni 1 sisi Jalan Gajah Mada depan Duta Merlin) akan dibongkar pada 20–21 Mei 2023. Alhasil, ruas Jl. Gajah Mada dari Simpang Harmoni sampai Jl. KH. Hasyim Ashari termasuk lajur Transjakarta selama pekerjaan berlangsung.

Pada periode akhir pekan ini, pengguna jalan dari arah Monas yang melakukan perjalanan ke arah Kota dapat beralih melalui Jl. Suryopranoto, kemudian ke Jl. Cideng Barat berputar balik ke arah Cideng Timur dan Jl. KH. Hasyim Ashari menuju Jl. Gajah Mada.

"Sebagai pengganti JPO Harmoni eksisting, pejalan kaki dapat menggunakan pelican crossing, serta jembatan khusus pejalan kaki di atas sungai Ciliwung, di depan gedung Pelni dan seberang Jalan Batu Ceper," jelas Ahmad.

Selanjutnya, pembongkaran JPO Harmoni 2 Bapeten di sisi Jl. Gajah Mada akan berlangsung pada 22–23 Mei 2023. Selama pekerjaan berlangsung, ruas Jl. Gajah Mada dari pertigaan dengan Jl. Gajah Mada sampai persimpangan dengan Jl. KH. Zainul Arifin akan ditutup, termasuk lajur Transjakarta di lokasi terkait.

Arus lalu lintas dari arah Harmoni ke Kota dialihkan melalui Jl. KH. Hasyim Ashari dapat berbelok ke Jl. Cideng Timur dan berputar balik ke arah Cideng Barat untuk menuju Jl. Gajah Mada melalui Jl. KH. Zainul Arifin.

Adapun, pada 23–24 Mei 2023 giliran JPO Harmoni 2 di sisi Jl. Hayam Wuruk yang dibongkar, sehingga persimpangan Hayam Wuruk–Sukarjo Wiryopranoto dan Gajah Mada akan ditutup sampai Istana Harmoni.

Lalu lintas dari arah Kota menuju Harmoni dapat beralih ke Jl. Sukarjo Wiryopranoto dan Jl. Pecenongan, untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke perempatan Harmoni melalui Jl. Ir. H. Juanda.

Berikutnya, pembongkaran JPO Sawah Besar di sisi Jl. Gajah Mada akan berlangsung pada 25–26 Mei 2023, menyusul setelahnya di sisi Jalan Hayam Wuruk pada periode 26–27 Mei 2023.

Pada 25–26 Mei 2023, akan dilakukan penutupan Jl. Gajah Mada dari pertigaan Jl. Hasyim Ashari sampai persimpangan Jl. KH. Zainul Arifin, termasuk lajur Transjakarta. Pengendara dapat berbelok ke Jl. Cideng Timur dan berputar balik ke arah Cideng Barat menuju Jl. KH. Zainul Arifin untuk kembali ke Jalan Gajah Mada arah Kota.

Sementara pada 26–27 Mei 2023, akan ada penutupan dari persimpangan Sukarjo Wiryopranoto sampai Istana Harmoni. Pengguna Jl. Hayam Wuruk dari arah Kota menuju perempatan Harmoni dapat beralih ke Jl. Sukarjo Wiryopranoto dan Jalan Pecenongan, kemudian melanjutkan perjalanan ke perempatan Harmoni melalui Jl. Ir. H. Juanda.

"Sebagai pengganti JPO Sawah Besar, pejalan kaki dapat menggunakkan pelican crossing serta jembatan kecil khusus pejalan kaki yang berada di depan Bank BNP Gajah Mada dan SPBU Pertamina Hayam Wuruk," tambahnya.

Terakhir, pembongkaran JPO Mangga Besar sisi Jl. Gajah Mada akan berlangsung 29–30 Mei 2023, kemudian sisi Jl. Hayam Wuruk digelar pada periode 30–31 Mei 2023.

Selama pembongkaran di sisi Gajah Mada, akan ada penutupan dari persimpangan Jl. Kebahagiaan sampai depan Grand Paragon. Pengendara menuju Kota dapat berputar balik di U-turn Gramedia, kemudian melewati Jl. Sukarjo Wiryopranoto, Jl. Taman Sari, dan Jl. Mangga Besar untuk kembali ke Gajah Mada.

Sementara itu, selama pembongkaran di sisi Hayam Wuruk, persimpangan Jalan Raya Mangga Besar sampai persimpangan Jl. Sukarjo Wiryopranoto akan ditutup. Pengendara menuju arah Harmoni dialihkan melalui Jalan Raya Mangga Besar dan Jl. Karang Anyar, serta keluar ke Hayam Wuruk melalui Jl. Sukarjo Wiryopranoto.

Sebagai pengganti JPO Mangga Besar eksisting, pejalan kaki dapat menggunakan pelican crossing, serta jembatan khusus pejalan kaki di atas sungai Ciliwung di depan Gedung Arsip dan Bank BNI.

"MRT Jakarta bersama Shimizu Adhi Karya Joint Venture selaku kontraktor pelaksana berkomitmen untuk senantiasa mengedepankan aspek keamanan dan keselamatan kerja dalam setiap pekerjaan yang kami lakukan. MRT Jakarta memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan selama pekerjaan ini berlangsung," tutupnya.

MRT Jakarta berharap para pengguna jalan dan angkutan umum agar memperhatikan rambu-rambu, serta mengikuti petunjuk petugas di lapangan selama proyek berlangsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Aziz Rahardyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper