Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Produk Mamin Indonesia Catat Transaksi Rp17,6 Miliar di Pameran Taiwan

Di dua pameran makanan dan kerajinan tangan di Taiwan, produk produk buatan Indonesia catat transaksi Rp17,6 miliar
Ilustrasi industri mamin/kemenperin
Ilustrasi industri mamin/kemenperin

Bisnis.com, JAKARTA - Produk-produk makanan dan minuman (mamin) dan kerajinan tangan Indonesia berhasil mencetak total nilai transaksi lebih dari US$1,2 juta atau sekitar Rp17,6 miliar di pameran Taipei Food and Catering Show 2023 dan pameran Taiwan International Architecture & Design Expo 2023.

Kedua pameran dilaksanakan bersamaan pada 28 April ̶1 Mei 2023 di Taipei World Trade Center, Taipei, Taiwan.

Keikutsertaan Indonesia di kedua pameran ini bertujuan memperkuat citra produk makanan dan minuman (mamin) dan kerajinan tangan Indonesia.

“Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei terus berupaya mempromosikan produk untuk memperkuat citra produk Indonesia terhadap konsumen Taiwan. Dibukanya border pascapandemi Covid-19 tentunya juga akan berdampak pada peningkatan jumlah turis, pekerja, dan pelajar dari negara asing, tak terkecuali dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara yang ke Taiwan,” kata ujar Kepala KDEI Taipei, Iqbal Shofwan dalam keterangan tertulisnya, Jumat (12/5/2023).

Iqbal menyampaikan, di pameran Taipei Food and Catering Show 2023, Paviliun Indonesia menampilkan produk mamin seperti kacang bermerek Mayasi, kopi Rumah Rempah, oats & multi grains yoghurt bar Heavenly Blush.

Kemudian, santan All-Co, dan keripik ubi Bionic farm. KDEI Taipei juga mengundang dan memfasilitasi beberapa importir mamin Taiwan yaitu Elom Group, Indo Suara, Hiap An, dan IndoFormosa.

Importir Elom group mempromosikan produk minuman merek Adem Sari, kecap Bango, mi goreng Best Wok, serta keripik Kusuka. Indo Suara mempromosikan produk tempe bermerek Tempe Azaki, popcorn Overdozze, serta gula kelapa (coconut sugar) dan bahan dasar bumbu rendang Rantjak.

Sedangn Hiap An, salah satu importir tertua Taiwan, membawa produk saus sambal bermerek ABC, teh botol Sosro, dan sirup manis ABC yang dimpor ke Taiwan lebih dari empat kontainer setiap bulannya.

Iqbal menambahkan, KDEI Taipei juga menampilkan produk mi bermerek Indomie di Paviliun Indonesia. Menurutnya, hal tersebut penting dilakukan sebagai bentuk afirmasi bahwa produk Indomie aman dikonsumsi.

Selain itu, untuk mengoptimalkan upaya menjaga citra Indomie, KDEI Taipei meminta distributor resmi Indofood di Taiwan, yaitu Indoformosa untuk melakukan kampanye aktif.

Salah satunya dengan memajang penjelasan singkat terkait kelengkapan persyaratan Indomie di Taiwan.

“Bergabungnya Indomie di Paviliun Indonesia sangat penting bagi Indonesia untuk mengantisipasi sentimen negatif atas pemberitaan Indomie di beberapa media, baik di Indonesia maupun Taiwan. Dapat kami sampaikan bahwa Indomie yang dipasarkan Indoformosa telah sesuai dengan ketentuan Taiwan,” tegas Iqbal.

Sementara itu, di pameran Taiwan International Architecture & Design Expo 2023, KDEI Taipei menampilkan berbagai kerajinan tangan beberapa daerah di Indonesia.

Misalnya, produk kerajinan rotan dari Sarinah dan Provinsi Bali, kerajinan bambu dari Studio Dapur dan Kiwari, serta kayu dari RUAYA.

“Stan Indonesia pun berhasil mengundang banyak atensi dari pengunjung pameran. Beberapa desainer interior yang berbasis di Taipei yang sedang mencari produk kerajinan untuk digunakan sebagai ornament penghias ruangan juga ramai mengunjungan stan Indonesia,” pungkas Iqbal.

Berdasarkan data dari BPS yang diolah Kemendag, total perdagangan antara Indonesia-Taiwan pada Januari—Maret 2023 sebesar US$2,71 miliar. Pada 2022, total perdagangan kedua negara tercatat sebesar US$13,15 miliar atau surplus bagi Indonesia sebesar US$4,25 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Indra Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper